Tips Simpan Daging Agar Tak Mudah Busuk

Senin, 06 Oktober 2014 16:15
Tips Simpan Daging Agar Tak Mudah Busukilustrasi @marquesaofmayook.blogspot.com

Di momen hari raya Idul Adha seperti ini, tak jarang kita mendapatkan jatah daging kurban berlebih. Tentu Anda tak mungkin menghabiskan semua daging tersebut dalam sekali waktu.

Anda bisa menyimpan sisa daging kurban yang Anda dapat dan memasaknya lagi lain waktu. Agar daging sisa tersebut tetap terjaga kualitasnya, berikut ini tips penyimpanan daging yang tepat:

1. Cuci bersih dan potong

Sebelumnya, pilihlah daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan. Pilih yang masih segar dimana dagingnya terasa kenyal bila ditekan untuk disimpan. Cuci di air mengalir dan jauhkan dari peralatan masak atau bahan makanan lain. Setelah bersih, Anda bisa memotong-motong daging sesuai dengan selera.

2. Simpan dalam plastik

Setelah dicuci bersih dan dipotong-potong, bungkus daging tersebut dengan plastik atau wadah bertutup sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Tuliskan tanggal penyimpanan pada wadah daging tersebut. Yang perlu Anda ingat, daging sapi dan kambing tahan 3-5 hari di kulkas, ayam 2-3 hari, daging cincang 1-2 hari.

3. Suhu dan penempatan dalam freezer

Agar kualitas daging tetap terjaga, Anda perlu menjaga suhu freezer Anda tetap stabil. Hindari terlalu sering membuka tutup freezer. Agar tak mengontaminasi makanan lainnya, sebaiknya taruh daging di bagian paling bawah atau paling belakang kulkas. Pisahkan juga tempat menaruh daging mentah dan masak.

4. Melumerkan daging beku

Sebelum mengolahnya, Anda membutuhkan waktu beberapa saat untuk melumerkan daging beku tersebut. Letakkan daging di chiller, microwave atau merendamnya dalam air bersama bungkus atau wadahnya. Setelah dilumerkan sebaiknya daging segera di masak dan tidak di simpan lagi karena kualitasnya akan menurun.

(okta)
Komentar