Butuh 2 Hari Untuk Memasak Rendang Yang 'Sempurna'

Senin, 06 Oktober 2014 15:30
Butuh 2 Hari Untuk Memasak Rendang Yang 'Sempurna'Rendang @dentistvschef.wordpress.com

Rendang, masakan yang pernah menyandang predikat one of the best food in the world, versi BBC memang membutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya.

Untuk menghasilkan rendang yang empuk dan lezat, setidaknya Anda membutuhkan waktu dua hari untuk memasaknya. Kunci utama dalam memasak rendang adalah memasak menggunakan api kecil dalam waktu lama. Hal inilah yang membuat daging benar-benar matang dan bumbu meresap sempurna.

Menurut Dian Anugerah, pemilik usaha Rendang Minang Culinary di Padang, bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan untuk memasak rendang antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas serta sereh, daun limau dan daun salam kemudian dimasukkan ke kuali berisi santan sambil terus diaduk kurang lebih 4 jam hingga warna air berubah jadi kecoklatan.

"Ini baru tahap awal, untuk menghasilkan rendang yang sempurna butuh waktu dua hari untuk memasaknya," ujar Dian, dikutip dari Tribunnews.com.

Setelah campuran santan berubah warna, Anda bisa memasukkan potongan daging sapi berukuran sekepalan tangan ke kuali sembari terus mengaduk selama 8 jam hingga daging berubah menjadi kalio atau gulai daging berkuah kental. Untuk mendapatkan daging yang kering, Anda perlu memasaknya lagi selama enam jam dengan api kecil hingga daging berubah warna menjadi coklat kehitaman.

"Ketika rendang dimasak dengan api kecil terjadi proses karamelisasi, minyak santan akan keluar, bumbu meresap dan daging matang dengan sempurna sehingga diperoleh sensasi perpaduan rasa bumbu dan daging yang lembut dan spicy," ujarnya.

Rendang yang dimasak dengan api kecil dalam waktu lama memiliki rasa yang lebih enak dan juga akan lebih awet dibandingkan dengan rendang yang dimasak dalam waktu singkat hanya dalam empat jam.

Dian menambahkan, butuh lima butir kelapa tua untuk membikin satu kilogram rendang. Minyak hasil pemasakan santan dalam waktu lama akan menjadi pengawet alami rendang.

(okta)
Komentar