Pilot Wanita Al Mansouri Bom Markas ISIS dengan Pesawat F-16

Senin, 06 Oktober 2014 12:15
Pilot Wanita Al Mansouri Bom Markas ISIS dengan Pesawat F-16Pilot wanita Al Mansouri @heavy.com

Uni Emirat Arab mengirimkan Mayor Mariam Al Mansouri untuk memimpin penyerangan terhadap ISIS di Suriah. Al Mansouri pun sekaligus menjadi wanita pertama yang turut berjuang secara militer menumpas kelompok militan itu.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kedutaan Uni Emirat Arab di Washington bahwa Duta Besar di sana, Yousef al-Otaiba, membenarkan jika Al Mansouri mengemudikan pesawat F-16.

Hal ini selaras dengan wawancara Al Mansouri dengan CNN pada tahun lalu, ia mengatakan telah menunggu kesempatan turun ke medan perang sejak lama.

"Saat itu,tidak terbuka bagi perempuan untuk menjadi pilot. Jadi saya harus menunggu hampir 10 tahun untuk keputusan yang akan diambil," kata Al Mansouri.

Selain itu, Al Mansouri juga menegaskan komitmennya untuk memberantas ISIS hingga ke akarnya.

"Kami akan membawa apa pun untuk mengalahkan ISIS dan ekstremisme lainnnya," ujarnya penuh percaya diri.

Sementara itu, dalam serangan tersebut, Belgia mengerahkan artileri militer tercanggih dalam menghadapi ISIS melalui serangan udara. Sebanyak 6 pesawat tempur F-16 dikerahkan untuk menumpas kelompok militan tersebut.

Bersama Amerika, serangan udara Belgia menyokong tentara Irak dan Kurdi yang melakukan serangan darat.

Parlemen Belgia sendiri menyatakan dukungannnya untuk menggempur ISIS. Namun sama seperti negara Uni Eropa lainnya, Belgia membatasi serangan hingga di Irak.

(Nay)
Komentar