7 Tahun Diblokade, 500 Warga Gaza Akhirnya Salat Ied di Masjid Al-Aqsha

Senin, 06 Oktober 2014 11:00
7 Tahun Diblokade, 500 Warga Gaza Akhirnya Salat Ied di Masjid Al-AqshaWarga Gaza salat Ied di Masjid Al-Aqsha @mirajnews.com

Ratusan warga Palestina yang berusia 60 tahun melaksanakan salat Ied di pelataran Masjid Al-Aqsha di Jerusalem. Salat pada Minggu (5/10) waktu setempat kemarin menjadi yang pertama kali sejak tujuh tahun terakhir.

Menurut otoritas setempat, Hussein Ash-Seikh mengatakan, Israel telah melunak dan membuka sejumlah blokade yang telah dilakukan di Jalur Gaza selama delapan tahun terakhir.

Ia menambahkan, salah satunya ialah mengizinkan 500 orang warga Gaza menunaikan Salat Idul Adha.

Ke-500 orang tersebut melakukan perjalanan sejak Minggu pagi dengan melewarti pos penyeberangan Erez antara Israel dan ujung utara daerah kantung tersebut. Mereka tiba di Jerusalem untuk menunaikan Salat Ied dan kembali ke Jalur Gaza pada malam harinya.

Sementara itu, sebagian warga Gaza melaksanakan salat Ied pada Sabtu (4/10).

Pembukaan blokade oleh Israel di daerah kantung itu dilakukan sejak HAMAS merebut daerah tersebut pada 2007 lalu. Namun, Israel beberapa kali melunakkan blokade setelah mendapat tekanan dari dunia internasional. Demikian dilansir dari Republika, Senin (6/10).

(Nay)
Komentar