Tips Tetap Sehat Meski Makan Daging Berlebih

Sabtu, 04 Oktober 2014 15:30
Tips Tetap Sehat Meski Makan Daging Berlebihilustrasi @kuliner.cahiya.com

Selain sebagai salah satu hari raya terbesar umat muslim, Hari Raya Idul Adha bisa dibilang sebagai hari santap daging massal yang dilakukan hampir oleh seluruh penduduk Indonesia.

Momen ini sering sekali membuat kita lupa akan dampak memakan daging berlebihan, terutama jika daging kambing dan daging sapi tersebut diolah dengan bumbu rempah, santan dan pedas khas makanan tradisional Indonesia.

"Makanan berlemak sangat berpengaruh pada diabetisi yang disertai dengan gangguan lemak. Gangguan tersebut biasanya dikenal dengan sindroma metabolik," ujar Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen IPD FKUI dan juga dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Em Yunir, dikutip dari Tribunnews.com

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari dampak buruk konsumsi daging berlebih.

1. Imbangi dengan sayur dan buah-buahan

Daging merah mengandung lemak yang dapat menyebabkan kolesterol maupun kadar gula darah menjadi tinggi. Imbangi konsumsi daging tersebut dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi.

2. Pilih masakan rendah lemak

Pilihlah daging pada bagian paha yang terbukti lebih rendah kandungan lemaknya ketimbang bagian perut dan iga. Jika tidak, pastikan sebelum mencampur dengan bumbu rempah, rebus daging dengan air hingga empuk lalu buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru untuk mengurangi kandungan lemak dalam daging.

"Saat merebus daging, kan lemaknya naik ke permukaan. Buang saja bagian itu," ujar Yunir.

3. Tingkatkan aktivitas fisik

Imbangi asupan daging berlebih Anda dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. Aktivitas fisik maupun berolahraga dapat membakar kalori dalam tubuh. Konsumsi daging berlebih yang tak diimbangi dengan aktivitas fisik berdampak pada risiko darah tinggi dan kolesterol.

(okta)
Komentar