Lowongan Kerja Agen Rahasia Mossad Israel

Selasa, 30 September 2014 17:30
Lowongan Kerja Agen Rahasia Mossad IsraelIlustrasi @alarabiya.net

Badan mata-mata Israel, Mossad membuka lowongan untuk posisi agen baru. Uniknya, kontras dengan titel rahasia yang disandangnya, lowongan itu justru dibuka untuk umum dan disebarkan secara online.

Dalam situs resmi Mossad, diposting video yang berisi informasi perekrutan dan dan tata cara pendaftaran secara online. Informasi itu tersedia dalam bahasa Ibrani, Inggris, Prancis, Rusia, Arab dan Persia.

Kepala Agen Mossad, Tamir Pardo mengatakan, maksud membuka lowongan itu ke publik adalah untuk menjaring agen potensial dan terbaik.

"Dengan begitu, maka Mossad dapat terus melanjutkan untuk mempimpin, membela dan meneruskan keberlangsungan Negara Israel," ujar Pardo, dikutip dari The Guardian, Senin (29/9).

Pardo menegaskan Mossad tidak membocorkan aktivitas mata-matanya di situs tersebut. Informasi yang tertuang pun ibarat puncak gunung es di atas permukaan laut.

"Situs ini memberikan Anda sedikit informasi mengenai Mossad dan hanya akan membeberkan sedikit aktivitasnya di masa lalu," ucap Pardo.

"Yakinlah bahwa semua pendekatan akan diperlakukan dengan sangat rapi dan rahasia, sehingga keselamatan pribadi Anda terjamin," tulis instruksi di pendaftaran menjadi agen Mossad.

Tampak dalam video itu menampilkan agen-agen terbaik Mossad. Masing-masing pria dan wanita membawa koper kecil. Mereka mengenakan setelan jas resmi dan kemeja berwarna hitam-putih. Tak ketinggalan gadget dan peralatan mengintai canggih menyertainnya dalam bertugas.

Salah seorang mantan agen Mossad, Gad Shimron menilai cara yang digunakan bekas isntitusinya itu sudah cukup baik.

"Ini abad ke-21. Dengan cara ini memberi mereka peluang untuk menjangkau berbagai orang yang sebelumnya belum pernah mereka jangkau," kata Shimron yang telah bekerja selama satu dekade.

Meski dibuka untuk umum dan terbuka, namun kesempatan untuk bisa diwawancarai Mossad sangay kecil. Terlebih peluang memasuki Gedung Kedutaan Besar Israel tanpa dicurigai.

(Nay)
Komentar