Apple Klaim Mac OS X Aman dari Bug Shellshock

Senin, 29 September 2014 10:30
Apple Klaim Mac OS X Aman dari Bug Shellshockilustrasi @ibtimes.co.uk

Belakangan para kalangan pengguna Linux diresahkan dengan kemunculan bug Shellshock yang menyerang celah keamanan di salah satu ekstensi OpenSSL yang dinyatakan lebih berbahaya dari bug Hearthbleed karena di klaim sebagai ancaman keamanan online terbesar yang pernah ada.

Para ahli memperkirakan bahwa Bug tersebut telah menginfeksi website, server, PC, bahkan OS X Mac milik Apple dengan jumlah yang sudah tidak bisa dihitung lagi.

Menanggapi isu tersebut pihak Apple mengklaim bahwa sebagian pengguna OS X aman dari ancaman bug tersebut. Bahkan Apple berjanji akan segera merilis update keamanan untuk mengatasi hal ini.

Para peneliti pertama kali muncul pada utility command "Bash" pada versi 4.3 sistem operasi Linux dan Unix yang digunakan oleh Linux, Mac OS X, dan Android. Dimana bug tersebut mampu membuat seorang hacker mengendalikan komputer Anda dari jarak jauh.

Namun pihak Apple kembali meyakinkan para penggunanya untuk tidak panik karena Bash, "perintah shell UNIX yang ada di dalam OS X, memiliki kelemahan yang dapat memungkinkan pengguna yang tidak sah untuk mengontrol sistem rentan jarak jauh."

"Dengan OS X, sistem yang aman secara default dan tidak terkena eksploitasi remote dari bash kecuali pengguna mengkonfigurasi layanan canggih UNIX. Kami bekerja dengan cepat memberikan update software untuk pengguna UNIX canggih," ujar juru bicara Apple, seperti yang dikutip dari Tech Radar.

Para pengguna OS X jelas khawatir mengenai bug membahayakan tersebut, pasalnya bug ini mampu membuat celah keamanan yang memungkinkan penyerang mengeksekusi kode jarak jauh secara remote untuk menyalahgunakan variabel environment dan memungkinkan seorang hacker untuk melakukan injeksi kode berbahaya.

(okta)
Komentar