BBM Money Hadir di Android dan iOS

Jum'at, 19 September 2014 20:15
BBM Money Hadir di Android dan iOSBBM Money @crackberry.com

Pada Maret 2013 lalu, BBM Money, fitur Mobile payment hasil kerja sama antara BlackBerry, Bank Permata, dan Monitise dibentuk dan Indonesia sengaja dipilih menjadi pilot project untuk layanan e-money di mobile platform BlackBerry Messenger ini.

Setelah 1,5 tahun hanya tersedia di sistem operasi Balckberry, pada akhir 2014 mendatang, BBM Money akan menyambangi Google Play Store dan disusul Apple Store pada awal tahun 2015 mendatang.

John Sims, President Global Enterprise Solutions BlackBerry mengatakan, "Android sengaja lebih dulu dibanding iOS karena pangsa pasar penggunanya lebih besar untuk BBM lintas platform,"

Menurut John, Indonesia pasar yang bagus untuk BBM Money, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang melakukan transaksi dengan penjual di BBM namun melakukan pembayaran melalui cash-on-delivery (COD) atau lewat transfer ATM. Jumlah pengguna BBM di Indonesia telah terbukti naik 150% semenjak tersedia lintas platform.

Melihat fakta tersebut, Director Retail Banking Permata Bank, Bianto Surodjo merasa optimistis, dengan dibukanya layanan BBM Money lintas platform nantinya bisa membuat layanan ini sukses di industri mobile commerce.

"Kalau kita pergi ke kafe bisa kita lihat, sepertiga yang datang ngobrol, sementara dua pertiganya mainan gadget. Tren ini yang mendorong Permata Bank untuk bermain di elektronik channel. Karena nantinya, mereka yang tadinya belanja menggunakan cash, debit, dan kartu kredit, akan transform dan ke depan akan banyak transaksi dari mobile devices," pungkasnya, dikutip dari Detik.com.

Setelah mendapatkan lisensi perbankan dari Bank Indonesia, dalam kerja sama BBM Money ini Bank Permata bertindak sebagi bank penerbit. Sedangkan Monitise bertugas mengembangkan platform pembayarannya secara mobile, mengingat pihaknya telah bekerja sama dengan 300 bank secara global.

Diharapkan dengan adanya aplikasi BBM Money lintas platform tersebut bisa membuat pembayaran yang mulanya dengan sistem COD dan transfer ATM bisa beralih dengan pembayaran langsung dari aplikasi tersebut.

(okta)
Komentar