iPhone 4S Tidak Mendukung Fitur iOS 8

Jum'at, 19 September 2014 18:30
iPhone 4S Tidak Mendukung Fitur iOS 8iOS 8 pada iPhone 4S @YouTube.com

Apple telah resmi merilis sistem operasi terbaru iOS yang tak hanya di usung iPhone 6 saja, melainkan varian lawas seperti iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPod Touch generasi 5, iPad 2, iPad Retina, iPad Air, iPad mini dan iPad mini Retina.

Para pengguna iPhone 4S tentu berbahagia karena Apple masih belum melupakannya. Namun, meski telah berhasil di upgrade, pengguna iPhone 4S tak bisa sepenuhnya menikmati fitur-fitur iOS 8. Bukan karena tidak didukungnya sistem, melainkan karena ketiadaan hardware pendukung di iPhone 4S. Hal ini menyebabkan fitur-fitur seperti AirDrop dan Touch ID tidak terdapat pada smartphone ini.

Seperti yang dilansir Arstechnica, sejatinya iOS 8 secarar esmi di rilis APple untuk mendukung sistem kerja iPhone generasi kedelapan, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang mengusung layar 4,7 dan 5,5 inci. Kedua varian ini merupakan varian iPhone berlatar terbesar sepanjang sejarah. Sedangkan iPhone 4S merupakan generasi iPhone yang memiliki layar paling kecil hanya 3,5 inci. Inilah yang menyebabkan tampilan iPhone 4S terlihat sesak dengan iOS 8.

Tampilan grafis yang disematkan pada iOS 8 tidak berjalan mulus pada proseseor Apple A5 yang terbenam di dalam iPhone 4S. Hal inilah yang menyebabkan animasi yang ada terlihat bergoyang.

Tak hanya mempengaruhi penampilan, iOS 7 pada iPhone 4S bahkan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 4s yang menggunakan iOS 8. Setidaknya butuh waktu 50% lebih lama dari iOS 7. Padahal Apple mengklaim bahwa iOS 8 akan hadir dengan fitur pengoperasian yang lebih cepat dan hemat baterai.

Kendati demikian, para pengaman gadget menganjurkan para pengguna setia iPhone 4S untuk tetap menggunakan iOS 8 pada gadgetnya. Hal ini dikarenakan iOS 8 ini merupakan perilisan perdana Apple, kemungkinan besar ke depannya akan ada perbaikan bugs dan sistem lainnya. Selain itu, harga jual iPhone 4S juga akan naik setelah di upgrade ke iOS 8.

(okta)
Komentar