4 Manfaat Cabe-Cabean Bagi Kesehatan

Jum'at, 19 September 2014 16:45
4 Manfaat Cabe-Cabean Bagi KesehatanCabai Rawit @medicmagic.net

Arti cabai-cabaian di Indonesia kini telah mengalami pergeseran makna. Namun cabai-cabaian yang ini berbeda dari "cabe-cabean" yang ada di arena balap motor, cabai-cabaian ini adalah cabai rawit, jalapenos, habaneros, dan cayenne. Ketiganya merupakan varian cabai yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan yang terkandung dalam cabai-cabaian tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pembakar Kalori

Sifat dari makanan cabai sendiri adalah panas dan mampu meningkatkan suhu tubuh yang sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang diet. Kandungan senyawa capsaicin dalam cabai yang bersifat panas terbukti mampu membakar ekstra kalori dengan meningkatkan metabolisme Capsaicinpaling tidak 8%. Selain itu ketika seseorang yang memakan makanan pedas, maka ia cenderung makan dalam porsi sedikit.

2. Kesehatan jantung

Capsaicin, komponen aktif dari cabai yang terdapat pada lidah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat. Rasa pedas pada cabai juga terbukti meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang menyebabkan arteri menyempit.

3. Mencegah kanker

Kanker prostat dipercaya bisa sembuh dengan mengonsumsi banyak makanan pedas. Hal ini dikarenakan kandungan capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Menurunkan tekanan darah

Satu lagi kelebihan capsaicin, yaitu mampu meningkatkan kadar itric oxide dalam aliran darah yang mampu melindungi terhadap peradangan dan menurunkan tekanan darah. Dari cabai-cabaian di atas, cabai rawitlah yang terbukti ampuh bantu sembuhkan kanker prostat.

(okta)
Komentar