Lowongan CPNS 2014 di Kalimantan Selatan Sepi Peminat

Rabu, 17 September 2014 12:45
Lowongan CPNS 2014 di Kalimantan Selatan Sepi PeminatPenjual lembar soal tes CPNS @tempo.co

Tingginya antusias pendaftar lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rupanya tidak berimbas pada formasi teknik pengairan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Pasalnya, hingga berita ini diturunkan, formasi tersebut sepi peminat alias tidak ada yang mendaftar.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pengadaan Pegawai dan Informasi Data BKD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Taufik. "Hingga hari terakhir pendaftaran CPNS, Minggu, formasi teknik pengairan tidak ada peminatnya," ujarnya.

Padahal, persaingan masuk sebagai CPNS di kabupaten itu tidak seketat dibandingkan di wilayah lain, terutama di Jawa. Dari 69 formasi yang dibuka Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, terdapat 2.833 orang pendaftar. Sayangnya, tidak ada yang melirik lowongan di teknik pengairan.

Taufik menjelaskan sebab formasi tersebut sepi peminat. Menurutnya ada dua alasan utama. Pertama, kualifikasi pendidikan yang disyaratkan untuk mendaftar di posisi ini minimal memegang ijazah Diploma VI atau S1 Teknik Pengairan/ Irigasi. Faktor kedua, bisa jadi peminat lebih tertarik dengan formasi sama namun di wilayah lain.

Taufik menambahkan, formasi yang sepi peminat juga terlihat di formasi dokter gigi. Pasalnya, Hulu Sungai Utara merupakan daerah tertinggal yang medannya sulit dijangkau. Pun demikian untuk formasi dokter umum, hanya tiga orang yang melamar di posisi tersebut.

"Kita kesulitan mencari tenaga dokter spesialis yang mau bekerja di daerah, apalagi HSU adalah daerah tertinggal, buktinya Rumah Sakit di Amuntai hingga kini masih berkutat dengan masalah kekurangan dokter spesialis dan dokter gigi," ungkap Taufik. Demikian dilansir dari Antara, Rabu (17/9).

(Nay)
Komentar