4 Tipe Kepribadian Manusia

Rabu, 17 September 2014 09:15
4 Tipe Kepribadian Manusiailustrasi @cnn.com

Dalam dunia psikologi terdapat empat jenis kepribadian manusia, di mana kepribadian ini baik secara langsung maupun tidak akan mempengaruhi pola pikir dan cara bersosialisasi mereka.

Keempat kepribadian tersebut yaitu, Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Plegmatis.

Berikut ini, AllWomansTalk melansir ciri-ciri keempat tipe kepribadian tersebut, yaitu:

1. Tipe Koleris/Powerful Choleric

Seseorang yang memiliki kepribadian koleris terlahir sebagai seseorang dengan jiwa pemimpin dan senang mengambil keputusan. Sangat perfeksionis dan menginginkan koreksi dan perubahan dalam mencapai sebuah tujuan.

Seseorang yang memiliki target dalam hidup dan mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas dengan visi dan misi yang telah dirancang sedemikian rupa. Sisi buruknya, orang-orang yang berkepribadian koleris tidak mudah berempati dan cenderung tak berbelas kasih.

2. Tipe Sanguinis/Popular Sanguine

Seseorang bertipe sanguinis adalah orang yang aktif berbicara dan demonstratif. Ia merupakan seorang pendengar yang baik, antusias, ekspresif dan juga ceria. Hidupnya selalu dipenuhi dengan rasa ingin tahu yang membuat tujuan hidupnya sering berubah-ubah. Senangmemuji dan dipuji, pandai berteman dan mudah memaafkan. Sisi buruknya, mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas dan tak pernah serius saat bekerja.

3. Tipe Plegmatis/Peaceful Phlegmatic

Seseorang dengan tipe plegmatisadalah orang yang tenang, sabar dan seimbang. Simpatik dan baik hati membuatnya mudah diterima oleh banyak orang. Ia merupakan tipe penengah masalah yang baik dengan memberikan solusi termudah.

Dengan selera humor yang tinggi, orang tipe ini adalah tipe orang yang menyenangkan. Kekurangannya adalah, terlalu takut dan khawatir dalam mengambil keputusan dan sering menghindar dari masalah dan tanggung jawab.

4. Tipe Melankolis/Perfect Melancholy

Tipe melankolisadalah tipe orang yang serius, artistik dan sensitif. Tipe ini memiliki jiwa perfeksionis yang tinggi, selalu mengerjakan sesuatu secara terperinci, tekun, tertib dan teratur. Kekurangannya adalah, karena terlalu perfeksionis, tipe ini sering melihat masalah dari sisi negatif dan selalu mengingat sesuatu yang negatif.

(okta)
Komentar