Hari Pertama Masuk Sekolah, Anak-Anak Gaza Palestina Masih Trauma

Senin, 15 September 2014 13:00
Hari Pertama Masuk Sekolah, Anak-Anak Gaza Palestina Masih TraumaAnak-anak di Gaza kembali bersekolah @kuwaittimes.net

Denyut kehidupan warga Gaza saat ini kembali berdetak usai 50 hari gempuran Zionis Israel yang menewaskan ribuan warga tidak berdosa.

Setengah juta anak-anak kembali bersekolah dan memasuki tahun ajaran baru setelah sempat tertunda selama dua minggu akibat perang yang menewaskan 2.140 warga Palestina.

Dalam perang tersebut, 500 anak-anak tewas dan lebih dari 200 gedung sekolah rata dengan tanah.

Konflik yang berawal sejak 8 Juli 2014 ini menelan korban jiwa terbanyak dibandingkan konflik yang pernah terjadi sebelumnya pada 2005 silam.

Sebagian gedung sekolah dari PBB masih dijadikan tempat pengungsian bagi warga Gaza yang kehilangan tempat tinggal akibat perang.

Untuk materi yang diberikan pada tahun ajaran baru, badan pendidikan Gaza memusatkan pada pendampingan terhadap trauma emosional yang mungkin masih dirasakan anak-anak. Sejumlah anak bahkan mendapatkan konseling kejiwaan khusus sebelum mengikuti kelas umum.

anak-gaza-kembali-sekolah

Saat ini ada sekitar 245 sekolah yang dijalankan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) yang berfokus pada pemberian pelatihan khusus kepada sejumlah guru.

PBB melaporkan, ada lebih dari 370.000 anak di Gaza yang membutuhkan dukungan psiksosial secara langsung dalam ajaran baru tahun ini.

Sebelumnya oleh kelompok hak asasi Israel, Gisha, Gaza sebelum perang telah kekurangan 259 gedung sekolah. Sebagian karena pembatasan yang diterapkan Israel untuk melarang pengiriman bantuan bahan bangunan. Demikian dilansir dari Beritasatu, Senin (15/9).

(Nay)
Komentar