Akibat Serangan Israel, Gaza Butuh 20 Tahun untuk Kembali Seperti Semula

Kamis, 04 September 2014 12:30
Akibat Serangan Israel, Gaza Butuh 20 Tahun untuk Kembali Seperti SemulaKondisi di Gaza pasca Agresi Militer Israel @rt.com

Agresi militer Israel ke Jalur Gaza menyisakan banyak persoalan. Selain jumlah korban tewas dan luka yang mencapai ribuan, kini warga Gaza dihadapkan dengan persoalan pelik rusaknya infrastruktur.

Untuk mengembalikan kondisi Gaza seperti semula, sedikitnya dibutuhkan waktu 20 tahun. Hal ini diungkapkan oleh Ruth Allan dari Norwegian Refugee Council.

"Pada dasarnya memang sulit untuk melakukan pembangunan karena hampir semua jalan hancur, akan sulit untuk membawa peralatan pembangunan," kata Ruth (4/8) seperti dilansir dari Russia Today.

warga-gaza

Ruth menambahkan, ada 17 ribu bangunan rumah hancur lebur. Lalu 5 ribu bangunan yang tidak direnovasi. Selain itu, dibutuhkan 75 ribu rumah tambahan untuk menampung pertambahan penduduk secara alamiah. Total keseluruhan dibutuhkan 100 ribu bangunan. Namun, jumlah tersebut tidak mencakup sekolah dan rumah sakit.

"Membawa bahan bangunan ke Gaza sangat sulit karena blokade Israel yang mencegah pergerakan material dan orang-orang masuk dan keluar dari Jalur Gaza. kami telah menghitung bahwa diperlukan 7,5 truk kerikil yang jelas digunakan untuk membuat beton untuk membangun satu rumah," kata Ruth.

Israel dan Gaza sebelumnya telah menyepakati gencatan senjata jangka panjang yang diharapkan akan berlaku permanen. Hasil dari pertemuan yang difasilitasi Mesir di Kairo itu menyepakati salah satunya dibuka kembali blokade Israel di Jalur Gaza. Jika tidak, bantuan yang datang tidak bisa masuk dan pembangunan bisa terhambat.

(Nay)
Komentar