Usai Melahirkan, Ibu Perlu Perhatian Khusus

Selasa, 02 September 2014 13:00
Usai Melahirkan, Ibu Perlu Perhatian Khususilustrasi @coloradonewsday.com

Dalam sistem persalinan di rumah sakit, seorang ibu baru benar-benar boleh pulang setelah bidan melakukan beberapa tahapan pengecekan kesehatan. Sebuah survei menyebutkan bahwa sebanyak 40% wanita yang baru melahirkan sebenarnya belum siap untuk meninggalkan rumah sakit.

Survei tersebut dilakukan oleh Royal College of Midwives (RCM) di Inggris melibatkan lebih dari 2.000 bidan, 950 bidan mahasiswa dan 98 pekerja yang membantu persalinan. Penelitian ini menghasilkan sebuah laporan yang bernama Perawatan setelah melahirkan yang menyebutkan bahwa kebutuhan wanita setelah melahirkan dan bayi tidak terpenuhi.

Seorang bidan seharusnya melakukan beberapa tahapan pengecekan kepada ibu dan anak sebelum meninggalkan rumah sakit. Namun sayangnya jumlah kunjungan bidan terhadap ibu yang baru melahirkan ditentukan oleh organisasi bukan berdasarkan kebutuhan para wanita.

Ketentuan dari organisasi ini dianggap bertentangan dengan pedoman resmi dari Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan (NICE) yang berdampak pada bantuan yang diterima para wanita.

"Hal ini dapat berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayinya setelah melahirkan dan juga untuk masa depan mereka," ujar Cathy Warwick, kepala eksekutif dari Royal College of Midwives, dikutip dari Tribunnews.

(okta)
Komentar