Rakyat Palestina Sambut Kemenangan atas Israel

Kamis, 28 Agustus 2014 12:30
Rakyat Palestina Sambut Kemenangan atas IsraelWarga Palestina rayakan kemenangan atas Israel @rt.com

Palestina dan Israel akhirnya sepakat melakukan gencatan senjata jangka panjang, selama satu bulan ke depan. Gencatan senjata ini lantas dirayakan warga Palestina sebagai bentuk kemenangan.

Gencatan yang difasilitasi Mesir di Kairo tersebut mulai berlaku 07.00 pagi waktu setempat. Gencatan senjata juga disertai pembukaan perbatasan Israel dan Gaza.

Atas perayaan kemenangan oleh warga Palestina, Israel pun menampik jika pihaknya mengalami kekalahan.

"Hari ini, kami bisa katakan kepada warga Israel bahwa gencatan senjata telah berlaku dan kalian bisa kembali ke rumah dengan aman. Kami yang mewujudkan hal ini bukan (Perdana Menteri Benjamin) Netanyahu," ujar Juru Bicara Sami Abu Zuhri, seperti dikutip Euronews, Rabu (27/8).

Bantahan Israel menyoal klaim kemenangan Palestina diungkapkan oleh Juru Bicara Pemerintah Israel Mark Regev. Menurutnya, gencatan senjata kali ini sama dengan yang ditawarkan satu bulan lalu.

"Mengapa Hamas tidak menerima perjanjian ini satu bulan lalu? Pertumpahan darah seharusnya bisa dihindari," tutur Regev.

Gencatan senjata ini sekaligus mengakhiri 50 hari agresi militer Israel ke Jalur Gaza sejak 8 Juli 2014 lalu. Akibta serangan tersebut, sedikitnya 2.100 korban tewas dari warga sipil Gaza. Sementara pihak Israel, 69 orang tewas, 64 diantaranya adalah tentara.

(Nay)
Komentar