Fenomena Bulan Kembar 27 Agustus 2014 Ternyata Isapan Jempol

Kamis, 28 Agustus 2014 12:00
Fenomena Bulan Kembar 27 Agustus 2014 Ternyata Isapan JempolFenomena Supermoon @csmonitor.com

Fenomena bulan kembar yang sejatinya bisa disaksikan pada Selasa (27/8) ternyata hanya kabar burung belaka.

Menurut sejumlah pemberitaan yang ramai dibicarakan di media sosial, peristiwa bulan kembar akan terlihat pada pukul 00:30. Bahkan disebutkan pula jika penampakan bulan tersebut hanya bisa disaksikan kembali pada tahun 2287. Saat posisi Mars hanya berjarak 34,65 juta mil saja dari bumi.

Namun kabar tersebut ternyata hanya hoax, alias isapan jempol sejak 10 tahun lalu. NASA bahkan sempat membantahnya pada 2005 silam.

Lantas apa yang membuat berita bulan kembar ini kembali heboh?

Menurut penyidikan The Epoch Time (27/08), pelaku utamanya adalah Google. Mesin pencari Google tidak sengaja menampilkan kembali berita-berita hoax tersebut di urutan teratas secara masif beberapa hari lalu. Hal ini akhirnya merebak dan menyebar ke sejumlah akun-akun email dan jejaring sosial yang turut memposting berita penampakan bulan kembar tersebut.

Sementara menurut penulis website EarthSky, Deborah Byrd mengatakan, planet Mars tidak akan sebesar bulan jika dilihat dari bumi. Jarak terdekat Mars dengan bumi telah terjadi pada 8 April lalu, namun Mars hanya terlihat sebagai titik berwarna jingga di langit sebelah selatan.

Bulan sendiri saat ini memasuki fase bulan sabit, sehingga kabar yang menyebutkan akan terjadi penampakan bulan kembar hanya karangan belaka.

(Nay)
Komentar