China Gantikan Windows Dengan OS Buatan Sendiri

Rabu, 27 Agustus 2014 16:15
China Gantikan Windows Dengan OS Buatan Sendiriilustrasi @microsoft-news.com/betanews.com

Belakangan China memang memperketat keamanan negaranya dari perusahaan-perusahaan Amerika seperti Apple dan Microsoft. Sebelumnya China telah melarang peredaran produk-produk Apple, kini Kementrian Industri dan Teknologi Informasi (MIIT) mengatakan akan menggantikan OS Windows dengan OS buatan dalam negeri.

OS ini dikabarkan akan segera rilis pada Oktober mendatang. OS ini akan menggantikan OS Windows 8 pada komputer-komputer di berbagai instansi. Aksi ini di klaim pemerintah China sebagai langkah mengurai monopoli Microsoft dengan menghadirkan produk lokal. Namun banyak pihak yang melihat aksi pemerintah China ini sebagai langkah antisipasi dugaan mata-mata yang dilakukan Amerika melalui produk-produk buatan negeri Paman Sam tersebut.

Upaya pembuatan OS sendiri ini telah dilakukan China sejak tahun 2000. Sebelumnya Akademi Sains China telah mendirikan perusahaan Red Flag yang merilis sistem operasi berbasis Linux untuk komputer desktop dan komputer server. Karena masalah dana akhirnya awal tahun ini perusahaan tersebut bangkrut. Hal ini dikarenakan lebih dari selusin perusahaan Cina lebih memilih sistem operasi buatan Google ketimbang menciptakan sistem operasi sendiri.

Menciptakan lingkungan yang membuat kami bisa bersaing dengan Google, Apple, dan Microsoft adalah kunci sukses, ujar Ni Guangnan selaku kepala proyek pengembangan sistem operasi baru di Akademi Teknik China.

Para teknisi ini yakin dalam waktu tiga hingga lima tahun mendatang penggunaan OS dalam negeri akan mampu menyaingi Google, Microsoft dan Apple. Khususnya dengan meluncurkan sistem operasi baru versi telepon seluler.

(okta)
Komentar