Blackberry Ajak Pengguna iMessage 'Move On' Ke BBM

Selasa, 26 Agustus 2014 12:45
Blackberry Ajak Pengguna iMessage 'Move On' Ke BBMilustrasi @redmondpie.com/bbugmy.com

Belakangan ini beberapa artikel yang menyebutkan bahwa iMessage dari Apple telah di ambil alih oleh spammer mulai bermunculan. Para pengguna iMessage juga dibuat geram dengan banyaknya pesan sampah yang mereka terima setiap hari. Mengetahui hal tersebut, melalui blog resminya, BlackBerry mengajak para pengguna iMessage untuk move on ke BlackBerry Messenger (BBM).

Karena berbasis nomor ponsel dan ID Apple, iMessage memang tidak bisa mengontrol siapapun yang mengirimkan pesan kepada penggunanya. Jadi bagi siapapun yang mengetahui nomor ID atau ponsel seseorang bisa mengirimkan pesannya. BlackBerry menganggap ini adalah kelemahan terbesar iMessage. Dengan BBM, para pengguna bisa mengontrol sendiri pertemanan mereka melalui fitur invite, Accept dan Delete Contact.

"Dengan BBM, pengguna bisa mengontrol lebih banyak siapa yang diterima sebagai bagian dari kontak. Sehingga ada komitmen untuk mengirim dan menerima pesan," tulis pihak BlackBerry.

BlackBerry juga mengatakan bahwa tidak akan ada spam di BBM karena adanya sistem kebijakan yang diterapkan BlackBerry. Para pengguna bisa mengendalikan sendiri daftar kontak mereka. Anda tidak dapat mengendalikan seseorang datang ke rumah Anda, tetapi Anda tidak perlu membuka pintu jika Anda tidak ingin "diganggu" tamu tak diundang bukan?

Privasi dan Spam merupakan masalah terbesar iMessage. Berbeda dengan BBM, dengan perlindungan privasi, pengguna hanya akan mengirim dan menerima pesan dari kontak yang disetujui. Ditambah lagi dengan perlindungan ganda dari lapisan enkripsi canggih yang memastikan pesan Anda tidak rentan terhadap mata-mata atau hacking saat sedang dikirim.

"Pada kesempatan langka bahwa Anda mendapatkan spam atau iklan yang tidak diinginkan, Anda hanya perlu untuk memblokir orang tersebut dari daftar kontak Anda dan menolak upaya lebih lanjut untuk menghubungi Anda di masa depan," ujar pihak BlackBerry.

BBM sendiri juga merupakan aplikasi yang tersetruktur dengan penggunaan PIN unik pada setiap penggunanya. Berikut bonus tambahan: BBM adalah jaringan multi-platform yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara aman ke pengguna BlackBerry, ios, Windows Phone dan Android. Hal Itu berarti hampir 100% dari semua smartphone dan tablet di luar sana telah mendukung BBM. Sedangkan iMessage hanya tersedia pada produk Apple.

(okta)
Komentar