Bahaya Makan Mi Instan Dengan Nasi

Kamis, 21 Agustus 2014 21:00
Bahaya Makan Mi Instan Dengan Nasiilustrasi @rumahnugget.com

Di Kebudayaan Indonesia, khususnya di Jawa terdapat kalimat "Bukan makan namanya kalau tidak pakai nasi". Oleh karena itu tak jarang kita menemui banyak orang yang menyantap mi instan dengan nasi.

Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan ini ternyata berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan Anda? Bahaya kesehatan tersebut muncul akibat mengonsumsi karbohidrat dan kalori tinggi secara bersamaan.

Saat memasak mi instan, baliklah kemasannya, dan Anda akan melihat komposisi mi yang menunjukkan bahwa dalam satu kemasan mi instan terkandung 400 kalori atau setara dengan satu porsi nasi ukuran sedang lengkap dengan lauk pendukung. Asupan kalori ini akan bertambah hampir dua kali lipat jika Anda mengonsumsinya dengan nasi.

Selain kadar kalori tinggi, Anda juga akan menaikkan indeks glikemik dalam tubuh Anda yang berdampak pada peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka Anda akan rentan terserang penyakit diabetes.

Mengonsumsi mi instan memang tidak dilarang, namun sebaiknya Anda mengganti pendamping mi instan Anda dengan makanan selain nasi, semisal sayuran, telur hingga daging.

Meskipun tidak dilarang, namun ada baiknya Anda tidak mengonsumsi mi instan terlalu sering, mengingat mi instan adalah makanan berpengawet yang mengandung garam dan MS yang sangat tinggi. Anda bisa mengonsumsi mi instan setidaknya satu atau dua Minggu sekali.

(okta)
Komentar