Suami Siaga, Kenali 5 Tanda Awal Persalinan Berikut Ini

Selasa, 19 Agustus 2014 17:45
Suami Siaga, Kenali 5 Tanda Awal Persalinan Berikut Iniilustrasi @img.cdn.bebc.info

Normalnya, usia kandungan adalah 9 bulan 10 hari, namun tak jarang proses persalinan bisa terjadi sebelum atau setelah waktu tersebut. Bahkan seorang ibu yang pernah melahirkan sebelumnya terkadang masih bingung untuk mendeteksi kelahiran bayi.

banyak tanda-tanda yang muncul dalam masa kelahiran yang banyak di salah artikan. Kontraksi yang dirasakan ibu bisa saja bukan merupakan tanda-tanda persalinan, bisa saja karena banyak hal. Untuk itu ada baiknya bagi para ibu dan suami siaga untuk mengetahui 5 tanda awal persalinan berikut ini.

1. Air Ketuban

Jangan membayangkan pecahnya ketuban akan sangat deras, karena kepala bayi mencegah air ketuban tersebut untuk bocor dalam jumlah banyak. Ibu hanya akan merasa ada sesuatu yang bocor. Bila fase ini terjadi, jangan panik dan segera pergi ke rumah sakit. menurut riset, 80 persen wanita bisa langsung melahirkan dalam waktu 12 jam setelah pecahnya ketuban.

2. Kontraksi yang Kuat dan Berulang

Semakin tua usia kandungan, maka kontraksi yang terjadi di dalam perut akan semakin sering terjadi. Rasa sakit akibat kontraksi tersebut tidak akan hilang hingga proses melahirkan selesai. Jika kontraksi yang Anda rasakan hanya sesaat dan kemudian hilang, berarti Anda masih belum siap melahirkan.

Seorang bidan perawat besertifikasi di Atlanta, Kay Johnson menggambarkan kontraksi yang merupakan pertanda persalinan seperti sabuk pengaman yang mengikat secara ketat dari area punggung dan menyebar hingga ke bagian depan perut.

3. Ada Bercak yang Keluar dari Miss V Anda

Untuk melindungi bayi dari infeksi, selama mengandung serviks akan menutup dan disumbat oleh lendir. Saat mendekati proses persalinan, serviks akan melebar dan mengeluarkan semua yang menyumbatnya. Saat serviks terbuka, akan muncul bercak darah yang menjadi tanda bahwa bayi siap dilahirkan dalam waktu beberapa jam.

4. Mengalami Diare

Saat mendekati proses persalinan, senyawa prostaglandin yang terdapat dalam kelenjar kelamin ibu akan melunakkan serta melebarkan serviks. Sering kali senyawa ini menstimulasi isi perut dan menyebabkan seringnya buang air besar.

5. Back Labor

Selama kehamilan, seorang ibu pasti merasakan back labor atau rasa sakit pada punggung. Rasa sakit ini akan bertambah dan sangat menyakitkan, bila ibu merasa sudah bisa menahan rasa sakit tersebut, berarti bayi sudah mendekati proses persalinan.

(okta)
Komentar