Remaja Inggris Pakai Kondom dari Plastik Sandwich

Selasa, 19 Agustus 2014 20:00
Remaja Inggris Pakai Kondom dari Plastik SandwichIlustrasi: alat kontrasepsi kondom @huffingtonpost.ca

Sebuah survei di Inggris terkait alat kontrasepsi menunjukan hasil yang mengagetkan. Survei tersebut menunjukan banyak kaum muda Inggris ternyata sering menggunakan alat kontrasepsi darurat selain kondom. Parahnya, mereka terkadang mengunakan kondom darurat yang tidak steril dan higienis, salah satunya dengan plastik sandwich.

Survei yang dilakukan oleh Bayer Healthcare ini melibatkan 1500 wanita Inggris berusia 25 sampai 34 tahun. Hasilnya, seperempat diantaranya menggunakan alat kontrasepsi yang tidak wajar dan terkesan janggal, seperti plastik sandwich, plastik untuk membungkus makanan, dan sarung tangan latex, seperti dilansir oleh Metro (18/08).

Penggunaan kontrasepsi dengan bahan yang tidak seharusnya bisa berpotensi menyebabkan masalah pada organ intim saat digunakan. Selain itu, tidak ada jaminan benda-benda tersebut bisa lebih aman dari kontrasepsi yang seharusnya.

Penemuan lain yang mengagetkan, 1 dari 10 wanita Inggris percaya jika berhubungan intim saat menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Hal ini sekaligus mengungkap, jika sebagian besar kaum muda Inggris tidak memperhatikan materi pelajaran terkait seks dan kesuburan yang diajarkan di sekolah.

Kendati survei tersebut dilakukan di Inggris, namun ada baiknya pula jika dijadikan pelajaran di Indonesia. Bahwa penggunaan alat kontrasepsi selain yang disarankan bisa sangat berbahaya. Disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli saat menentukan metode kontrasepsi yang sesuai.

Alat kontrasepsi yang tepat tidak hanya untuk mencegah kehamilan, namun juga untuk menjaga kesehatan organ vital.

(Nay)
Komentar