Nokia Ciptakan Ponsel Pintar Bertenaga Suara

Sabtu, 16 Agustus 2014 15:30
Nokia Ciptakan Ponsel Pintar Bertenaga Suarailustrasi @dailymail.co.uk

Seperti yang kita tahu bahwa Microsoft telah mengakuisisi Nokia. pihaknya kini telah berusaha menciptakan teknolgi wireless charging untuk mengurangi keterbatasan energi di masa depan. Microsoft telah menciptakan Nokia Wireless Charging Plate DC-50, sebuah celana yang bisa mengisi ulang baterai Nokia.

Seperti yang dilansir Dailymail, kini peneliti tim peneliti Queen Mary Universitas London (QMUL) berkolaborasi dengan Nokia menciptakan prototipe ponsel pintar yang ditenagai melalui suara.

Dengan perantara energi dari nanogenerator, ponsel pintar ini dapat bereaksi saat ada getaran suara dan mengonversikan itu menjadi energi listrik. Konsep ini dikenal dengan efek piezoelektrik. Sebuah konsep yang pernah diajukan peneliti Korea pada empat tahun lalu.

Konsep efek piezoelektrik pada ponsel pintar ini akan menggunakan sebuah kabel nano yang terbuat dari seng oksida yang menghasilkan arus listrik saat mengalami tekanan mekanik. Kabel ini akan bereaksi saat mendapat tekanan mekanik misalnya tergencet, diregangkan atau pembengkokan.

Tim peneliti QMUL kemudian menyemprotkan lapisan seng aksida cair pada selembar plastik, yang ditempatkan dalam campuran bahan kimia dan dipanaskan sampai 90 derajat celcius yang membuat seng oksida cair tumbuh menjadi lapisan batang nano yang tersebar di seluruh lembaran.

"Dalam rangka memanen tegangan yang dihasilkan, lembaran batang nano terjepit di antara dua lembar kontak listrik, yang biasanya menggunakan media emas, diganti dengan alumunium foil," ujar tim peneliti.

Konsep ini telah di praktekkan pada prototipe ponsel yang seukuran Nokia Lumia 925. Skema tadi kemudian menghasilkan tegangan sebesar 5 volt dari rangsangan suara seperti lalu lintas, suara manusia dan musik. Sebuah tegangan yang cukup untuk mengisi sebuah baterai ponsel.

Joe Briscoe, salah satu anggota tim peneliti mengatakan, "(Cara ini) mampu menjaga perangkat mobile bekerja lebih lama dan bisa membuang baterai sepenuhnya dengan memanfaatkan energi liar di sekitar kita. Ini konsep yang menarik,"

(okta)
Komentar