Bahaya Konsumsi Mi Instan 3 Kali Seminggu

Jum'at, 15 Agustus 2014 10:15
Bahaya Konsumsi Mi Instan 3 Kali SemingguMi Instan @helpfulcookingtips.com

informasi kesehatan tentang bahaya mengonsumsi mi instan secara berlebih hingga kini memang masih menjadi sebuah perdebatan tersendiri. Untuk itu, tim peneliti dari Amerika serikat meneliti dampak dari mi instan bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti yang dilansir Dailymail, Dr. Shin yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bawha, mengonsumsi mi instan 2-3 kali seminggu dapat meningkatkan risiko sindrom kardiometabolik seperti jantung, stroke dan diabetes. Padahal, penyakit ini merupakan penyebab kematian hampir di seluruh dunia.

"Selain mengandung bahan pengawet, mi instan juga memiliki bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk mengemas mi dalam wadah sterofoam," ujarnya.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa BPA mengganggu cara hormon mengirim pesan melalui tubuh, khususnya estrogen. Maka itu, Dr. Shin sangat menghimbau wanita pada khususnya untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi mi instan.

"Konsumsi ramen relatif tinggi pada populasi Asia, penelitian difokuskan terutama di Korea Selatan, karena kecendrungan rakyatnya mengonsumsi mi instan merupakan yang tertinggi di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, buktinya, Korea Selatan telah mengalami peningkatan risiko penyakit jantung, dan dewasa obesitas," kata Dr Shin.

(okta)
Komentar