12 Warga Denmark Tewas Usai Konsumsi Sosis Babi

Rabu, 13 Agustus 2014 20:30
12 Warga Denmark Tewas Usai Konsumsi Sosis BabiDaging sosis babi @viennameatfish.com

12 warga Denmark dilaporkan tewas setelah mengonsumsi daging sosis babi yang terkontaminasi virus listeria.

Menurut keterangan pers Kementerian Pangan, Agrikultur dan Perikanan Denmark mengatakan, pemicu wabah tersebut berhasil dilacak berasal dari makanan lokal bernama Rullepolse. Diketahui makanan tersebut diproduksi oleh sebuah pabrik makanan di dekat Kopenhagen.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bakteri listeria yang bisa berakibat fatal terhadap anak-anak, warga lanjut usia dan mereka yang memiliki imunitas rendah. Selain itu bakteri ini juga bisa mempengaruhi perempuan hamil, termasuk bisa menyebabkan keguguran.

Berdasarkan catatan The State Serum Institute (SSI), sekira 20 orang sudah terjangkit virus ini sejak September 2013. Sejak 13 September 2013 lalu, 12 orang tewas dan jumlah kematian tertinggi tercatat pada Agustus 2014 ini.

Sementara pemerintah Denmark sendiri baru memerintahkan penyelidikan pada 26 Juni 2014 lalu dan membutuhkan waktu satu bulan untuk mencari tahu sumber wabah. Mereka pun menyelidiki manufaktur sosis tersebut, Jrn A. Rulleplser A/S di Hedehusene.

"Kami baru tahu tentang hal ini, ketika dihubungi badan pengawasan makanan. Mereka memerintahkan produksi dan penjualan (Rullepolse) dihentikan," ujar pihak perusahaan Christina Lowies kepada TV2, seperti dikutip Reuters, Rabu (13/8/2014).

"Saat ini kondisi masih tidak komprehensif. Kasus ini sangat kompleks dan kami tidak mengerti apa yang salah," lanjutnya.

Rullepolse yang menjadi makanan favorit di Denmark ini terbuat dari perut babi yang diisi dengan daging babi dan dibumbui rempah-rempah. Sosis ini kemudian diawetkan dan dipotong-potong serta disajikan langsung bagi mereka yang menyukainya.

(Nay)
Komentar