Haiku, Tangga Menuju Surga di Hawaii

Rabu, 13 Agustus 2014 18:00
Haiku, Tangga Menuju Surga di HawaiiPemandangan Hawaii di atas Tangga Haiku @mostshockinginfo.com

Sebuah tangga yang mengitari destinasi alami yang menakjubkan di Hawaii mendapat julukan Stairway to Heaven, atau tangga menuju surga.

Tangga berjuluk Tangga Haiku tersebut berupa tapak kayu. Ia sengaja dibuat di sisi selatan tebing Haiku pada tahun 1942. Tujuannya, menyambungkan kabel antena dari satu sisi tebing ke sisi yang lain.

Pada awal pembangunnaya ditujukan demi menunjang komunikasi antara penduduk di tebing Haiku dengan Wahiawa. Untuk itu, dibangun pula stasiun radio milik Angkatan Laut di puncak Puukeahiakahoe, yang tingginya sekitar 850 meter.

Namun, pada saat radio berbasis Angkatan Laut dinonaktifkan pada 1950, penjaga pantai Amerika Serikat menggunakan situs itu untuk stasiun Omega Navigation System. Pertengahan tahun 1950, anak tangga kayu diganti menjadi metal. Terhitung, hampir empat ribu anak tangga yang diganti.

Hingga akhirnya pada tahun 1987, terpasang tulisan Dilarang Melintas di depan tangga Haiku. Hanya saja, larangan itu sering diabaikan oleh para pendaki.

Tahun 2003, tangga itu diperbaiki, dan menelan biaya sekitar US$ 875 ribu atau Rp10 miliar. Secara terbuka, walikota mengumumkan tangga itu boleh diakses publik. Namun, itu masih kontroversial.

tangga-surga-hawaii

Kemudian pada Desember 2013 lalu, pemerintah menempatkan penjaga di bawah tangga, untuk menjauhkan pengunjung dari bahaya memanjat bukit itu. hingga akhirnya pada Februari 2014, tenda kecil itupun dibongkar.

Hingga saat ini, puluhan pendaki setiap harinya mengunjungi Tangga Haiku untuk menjangkau surga. Demikian dilansir dari Viva, Selasa (12/8).

(Nay)
Komentar