10 Makanan ini Justru Membuat Anda Lapar

Minggu, 10 Agustus 2014 21:00
10 Makanan ini Justru Membuat Anda Laparilustrasi @clinicayamamoto.org

Saat merasa lapar, perut akan mengirimkan signal ke otak Anda berupa rasa lapar. Saat lapar Anda harus memilih makanan yang tepat untuk memnuhi kebutuhan perut. Namun tahukah Anda, dari banyak makanan, ada pula makanan yang malah membuat Anda lapar saat memakannya.

Sue Decotiis, MD, seorang spesialis penurunan berat badan dan internis besertifikat mengatakan, Kelaparan adalah hasil dari banyak interaksi kompleks di lambung, usus, otak, pankreas, dan aliran darah,

Berikut ini, ABC News melansir beberapa makanan yang justru membuat Anda lebih lapar dari sebelum mengonsumsinya.

1. Roti Putih

Roti putih adalah roti yang terbuat dari tepung, bukan dari gandum. Decotiis menjelaskan, mengonsumsinya hanya akan meningkatkan level insulin dalam tubuh yang jika dikonsumsi secara rutin malah akan membuat Anda terkena obesitas.

2. Camilan Asin

Pernahkah Anda memakan keripik kentang atau kacang rasa bawang dalam porsi yang sedikit? Setelah menghabiskan sekantong keripik kentang, pasti masih ada rasa menginginkan makanan manis. Itu karena camilan asin cepat mencerna karbohidrat sederhana.

Makanan ini akan membuat kadar insulin dalam tubuh meninggi, lalu tiba-tiba berada di titik terendah. Itu sebabnya rasanya akan terus lapar setelah mengonsumsinya.

3. Jus

Meminum jus, terutama jus kemasan yang hanya mengandung gula dari seluruh buah favorit akan membuat kadar gula dalam darah meningkat dan justru membuat Anda lebih lapar.

4. Fast Food

Makanan cepat saji memang merupakan momok. Kita tahu banyak dampak buruk ketika mengonsumsinya, tapi kita tak bisa berhenti mengonsumsinya. Bahan yang terkandung dalam makanan cepat saji seperti minyak trans akan memengaruhi nafsu makan dengan mengendalikan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin.

Hampir semua bahan pembuat makanan cepat saji dirancang untuk membuat konsumennya.

5. Pasta Putih

Tak berbeda dengan roti putih, pasta putih hanya terbuat dari tepung yang diproses tubuh menjadi karbohidrat sederhana, yang jika terlalu banyak bisa meningkatkan insulin. Mengonsumsi makanan ini akan membuat kadar gula darah Anda menurun dan hormon pengatur kadar gula meningkat. Hasilnya, tubuh akan jadi sangat lapar.

6. MSG

Makanan yang mengandung MSG memang tak bisa terlepas begitu saja. Makanan ini banyak di temukan pada Chinese food atau makanan kemasan yang membutuhkan pengawetan seperti makanan kaleng.

MSG memicu peningkatan 40 persen pada nafsu makan. Mereka yang mengonsumsinya tiga kali sehari lebih berisiko obesitas.

7. Sushi roll

Anda penggemar seafood? Pasti Anda berpikir bahwa ikan mentah pada sushi merupakan asupan ikan yang baik bagi tubuh. Tapi, dalam sushi roll, yang dikonsumsi jauh lebih banyak beras yang mengandung 30 gram karbohidrat ketimbang ikan. Hal ini setara dengan tiga iris roti putih. Dalam perut kosong, sushi roll cepat dicerna dan dihilangkan, sehingga cepat lapar.

8. Pemanis Buatan

Pemanis buatan dalam jumlah tinggi bisa Anda temukan pada minuman soda. pemanis buatan akan masuk ke otak dan memanipulasinya bahwa yang dikonsumsi adalah kalori. Padahal bukan. Otak pun kecewa, dan meminta tubuh menebus kekecewaan itu sepanjang hari dengan terus mengirimkan sinyal rasa lapar.

9. Sereal

Anak-anak sangat menyukai sereal, rasanya memang lezat dan manfaat gandum di dalamnya dipercaya baik bagi tubuh. Tapi, semangkuk sereal hanya berisi paduan tepung dan gula. Itu buruk bagi kadar gula darah dan insulin pengonsumsinya. Itu membuat kelelahan dan kelaparan.

10. Pizza

Semua orang menyukai pizza. Namun bisakah Anda hanya mengonsumsi satu slice Pizza dan merasa kenyang? Karena pizza mengandung tepung, minyak, keju olahan, dan pengawet yang memancing rasa lapar.

(okta)
Komentar