Israel Sengaja Hancurkan Pabrik untuk Matikan Ekonomi Warga Gaza

Jum'at, 08 Agustus 2014 20:30
Israel Sengaja Hancurkan Pabrik untuk Matikan Ekonomi Warga GazaPetugas pemadam kebakaran di lokasi pabrik terbakar di Gaza @haaretz.com

Agresi militer Israel ke Gaza banyak menimbulkan kerugian di fasilitas vital, seperti pabrik. Salah satunya pabrik pengolah makanan banyak dilaporkan rata dengan tanah terkena serangan udara Zionis Yahudi.

Menurut laporan Ma'an News Agency, Kamis (7/8), ebuah Serikat Industri Makanan Palestina mengunjungi pabrik di Gaza yang mengalami kerusakan akibat gempuran Israel yang berlangsung beberapa pekan.

"Pabrik-pabrik terbesar di Jalur Gaza yang menyediakan 70 persen dari kebutuhan pasar lokal telah dihancurkan Israel," ujar Taysir al-Safadi, kepala Serikat Industri Makanan Palestina.

Ia menambahkan, diduga nilai kerusakan akibat serangan Israel tersebut mencapai 150 juta dolar AS. Karena banyak pabrik yang hancur sepenuhnya dan sebagian.

"Israel sengaja menargetkan infrastuktur perekonomian nasional dalam rangka mengubah rakyat Gaza menjadi masyarakat pengkonsumsi dan bukan masyarakat produktif," lanjutnya.

-israel-hancurkan-pabrik-gaza

Secara langsung serangan Israel ke Gaza tersebut ingin mematikan sendi ekonomi warga Gaza. Hancurnya pabrik-pabrik tersebut memberikan dampak besar bagi 12 ribu lebih karyawan yang bekerja.

Al-Safadi menjelaskan, akan membuntuhkan waktu satu tahun lebih untuk bisa membangun kembali pabrik yang telah rusak dan hancur itu. Hal tersebut dapat meningkatkan pengangguran di masa mendatang.

(Nay)
Komentar