Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini

Kamis, 07 Agustus 2014 09:45
Jangan Konsumsi 5 Makanan Iniilustrasi @telegraph.co.uk

Semua jenis makanan bisa Anda jumpai dengan mudah di Supermarket. Sedikit memusingkan memang ketika kita harus berbelanja dengan produk yang bermacam-macam. Namun tahukah Anda, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Doctoroz.com memberikan tips agar tidak membeli atau bahkan mengonsumsi kelima makanan berikut ini, yaitu:

1. Karbohidrat atau gula sederhana dan lemak tidak sehat

Makanan yang mengandung gula tinggi adalah, kue, sereal, es krim, permen, dan juga soda. Semua makanan yang mengandung gula tinggi seperti ini sangat cepat diserap dan memicu reaksi insulin yang memberi risiko hipertensi dan diabetes.

Akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, Anda akan mudah lelah dan mengantuk karena jumlah kalori yang lebih banyak Anda konsumsi. Bukan hanya itu, risiko penambahan gula buatan juga buruk untuk kesehatan, terutama ginjal Anda.

Gantilah makanan yang mengandung gula tersebut dengan makanan yang mengandung banyak serat yang mengandung gula alami.

2. Daging tinggi nitrat dan lemak jenuh

Daging sangatlah penting dan bagus untuk tubuh, namun mengonsumsi daging olahan dalam bentuk kornet, sosis, dendeng dan daging kemasan bukanlah hal yang dibenarkan. Daging-daging olahan tersebut mengandung bahan kimia adiktif dan pengawet makanan yang banyak mengandung LDL, atau kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Konsumsilah daging segar yang jelas lebih kecil risikonya mengandung pengawet dan lebih rendah kadar lemak jenuh-nya.

3. Bahan yang susah diucapkan

Bila Anda membeli sebuah makanan dalam kemasan, bacalah komposisi yang terdapat pada bagian belakang kemasan produk tersebut. Jika Anda menemukan banyak bahan yang menggunakan bahasa yang susah Anda ucapkan, asing dan menunjukkan bahan kimia, sebaiknya Anda meletakkan makanan tersebut kembali ke tempatnya. Lebih dari 3 nama kimia yang Anda temukan di dalam sebuah produk, semakin tidak baik makanan tersebut.

4. Makanan sehat palsu

Sekarang, banyak sekali produk-produk makanan yang melabeli produknya sebagai makanan sehat yang rendah kalori, rendah lemak atau tinggi vitamin. Anda harus lebih waspada, karena tak semua produk-produk tersebut benar-benar sehat. Beberapa di antara makanan tersebut mungkin tinggi gula.

5. Makanan kaleng tinggi sodium

Semakin hari semakin banyak makanan cepat saji yang tersedia dalam bentuk kaleng. Makanan kalengan terbukti mengandung banyak sodium yang bisa membuat Anda terkena hipertensi. Kalau pun tidak bisa memasak tau tak sempat membuat makanan Anda sendiri di rumah, pastikan membeli makanan yang kaya sayur dan cukupi dengan makan buah.

(okta)
Komentar