Gencatan Senjata 72 Jam, Israel Tarik Pasukan dari Gaza

Selasa, 05 Agustus 2014 18:45
Gencatan Senjata 72 Jam, Israel Tarik Pasukan dari GazaTentara Israel meninggalkan wilayah konflik di Gaza @bbc.com

Israel dan Hamas menyepakati usulan Mesir untuk melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza selama 72 jam dimulai Selasa pukul 05.00 GMT (atau 12.00 WIB). Waktu 72 jam tersebut akan dimanfaatkan oleh perwakilan Israel dan Hamas untuk melakukan perundingan dengan kesepakatan jangka panjang di Kairo.

Sebelumnya perwakilan Hamas dan Israel bertemu dengan difasilitasi intelijen Mesir. Dalam pertemuan tersebut membahas gencatan senjata menyusul kesepakatan bersama.

Usulan tersebut juga mendapat respon positif dari anggota kabinet bidang keamanan dari pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setuju dengan usulan Mesir.

"Israel telah memberitahu Mesir mengenai persetujuan atas usulan gencatan senjata," kata seorang sumber dalam kantor perdana menteri yang meminta dirahasiakan identitasnya, Senin (4/8).

gencatan-senjata-gaza

Hamas pun demikian langsung mengumumkan kesepakatan penghentian serangan sementara di Gaza.

"Hamas memberi tahu Mesir beberapa waktu lalu mengenai persetujuan atas masa tenang selama 72 jam," kata Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters.

Oleh pihak Israel, melalui Letnal Kolonel Peter mengatakan pasukan Israel akan menarik pasukannya sebelum gencatan senjata selama 72 jam yang dimulai pukul 8.00 pagi waktu setempat.

"Pasukan Pertahanan Israel akan kembali dikerahkan dalam posisi pertahanan di luar Jalur Gaza, dan kami akan mempertahankan posisi pertahanan ini," kata Kolonel Lerner.

gencatan-senjata-gaza

Sementara menurut laporan media Israel, tujuan utama agresi militer ke Gaza yakni menghancurkan terowongan gerilyawan Hamas telah tercapai.

gencatan-senjata-gaza

Akibat perang yang telah berlangsung empat pekan tersebut, 1.800 warga Palestina dilaporkan tewas, menyusul ribuan lain terluka dan tinggal di pengungsian setelah rumah mereka hancur terkena rudal Israel. Di pihak Israel juga dilaporkan sebanyak 67 warga tewas akibat serangan balik Palestina.

(Nay)
Komentar