Di Restoran ini Pelanggan dan Pelayan Berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat

Minggu, 10 Agustus 2014 15:00
Di Restoran ini Pelanggan dan Pelayan Berkomunikasi dengan Bahasa IsyaratPelanggan dan pelayan restoran berkomunikasi dengan bahasa isyarat @toronto.ctvnews.ca

Sebuah restoran berkonsep unik sekaligus luar biasa terletak di Yonge dan Wellesley, Toronto, Kanada. Restoran bernama Signs Restaurant tersebut mempekerjakan sebagian besar pekerja yang tuna rungu.

restoran-tuna-rungu-kanada

Uniknya, setiap pelanggan yang berinteraksi dengan pelayan mau tidak mau harus menggunakan bahasa isyarat. Namun pihak pengelola restoran telah menyediakan gambar petunjuk yang dipasang di dinding sehingga bisa dijadikan sarana belajar oleh pelanggan.

"Saya pikir ini sangat menginspirasi. Mewakili seluruh komunitas, kami sangat senang melihat sesuatu seperti ini mulai ada," ucap Christine Nelson dari Bob Rumball Centre for The Deaf.

restoran-tuna-rungu-kanada

Menurut pemilik restoran, Anjan Manikumar mengatakan, "Saya merasa ia tidak mendapatkan pelayanan yang layak. Dia tidak mendapatkan sentuhan personal," ungkap Manikumar dalam CBC.

"Kami berharap pelanggan kami memesan makanan menggunakan bahasa isyarat. Menu kami didesain khusus agar pelanggan dapat melakukan hal itu," tambah Manikumar.

restoran-tuna-rungu-kanada

Manikumar memilki impian, kelak restoran miliknya akan menjadi tempat perkumpulan para penyandang tuna rungu, yang dengan segala keterbatasannya bisa dengan leluasa berkomunikasi dengan sesamanya.

"Saya harap ini mampu membangkitkan harapan di sektor-sektor lain untuk mempekerjakan kaum tuna rungu," katanya.

(Nay)
Komentar