Restoran India dengan Pelayan Narapidana

Sabtu, 26 Juli 2014 07:30
Restoran India dengan Pelayan NarapidanaPelayan restoran TFC yang juga narapidana @hindustantimes.com

Sebuah rumah makan tidak biasa terdapat di India. Makanan di restoran ini diolah dan disajikan oleh narapidana.

Tihar Food Court (TFC) berlokasi di kompleks penjara Tihar, penjara terbesar Asia Selatan. Restoran ini dibuka sejak awal Juli sebagai percobaan untuk rehabilitasi narapidana.

Kendati sangat sederhana, namun makanan yang disajikan tidak kalah jika dibandingkan dengan restoran lain. THC menyediakan makanan tradisional India utara seperti nasi, flatbread, lentil, dan samosa.

restoran-india-pelayan-narapidana

"Restoran ini didirikan untuk memberi pekerjaan pada narapidana dan menunjukkan aspek positif pekerjaan penjara bagi publik," sebut Sunil Gupta, juru bicara penjara Tihar, seperti dilansir Reuters (22/7/2014).

Tidak sembarang narapidana bisa menjadi pelayan di TFC. Mereka harus melalui pelatihan khusus dari Delhi Institute of Hotel Management pada awal tahun ini. Mereka diajarkan berbagai hal seperti memasak dan membersihkan restoran.

Karyawan TFC saat ini terdiri dari seorang polisi yang menjabat manager dan tujuh narapidana yang telah menunjukkan sikap baik selama beberapa tahun dipenjara.

Adapun persyaratan lain untuk bisa dipekerjakan sebagai pelayan adalah harus memiliki pendidikan SMU dan mampu mempertahankan rekam jejak yang baik setidaknya 12 tahun.

Sebagian besar pekerja dipilih dari narapidana yang akan bebas dalam waktu 2 tahun, sehingga mereka tidak terlalu tergoda untuk melarikan diri. Untuk memudahkan, setiap narapidana tersebut diberi kebebasan tanpa adanya pengawasan sama sekali. Baik ketika berjalan atau naik sepeda ke restoran.

Menurut penuturan seorang pengunjung, makanan di restoran ini cukup biasa, namun dari segi kebersihan patut diacungi jempol.

Makanan paling mahal di restoran adalah deluxe thali seharga 150 rupee (Rp 29.000) dan paling murah adalah samosa seharga 10 rupee (Rp 1.900).

(nay)
Komentar