5 Fakta Unik Tentang Kopi

Jum'at, 25 Juli 2014 08:45
5 Fakta Unik Tentang KopiKopi @healthbeyondhype.com

Kopi memang telah menjadi bagian hidup masyarakat, terutama bagi pekerja aktif yang memerlukan stamina yang prima untuk tetap berkonsentrasi dan menghilangkan kantuk.

Namun tahukah Anda bila kopi mempunya sejarah panjang yang membutuhkan tenaga dan pertumpahan darah untuk mendapatkannya. bahkan Belanda menerapkan sistem tanam paksa di Indonesia khususnya di daerah Priangan, Manado, Tapanuli, dan Sumatra Barat.

Selain itu, tahukah Anda bahwa kopi juga memiliki sejarah yang cukup unik? Berikut ini ulasannya.

1. Pelarangan Kopi

Dari penelusuran sejarah minum kopi, pada abad ke-16, umat muslim pernah melarang meminum Kopi dan Alkohol, karena keduanya menunjukkan efek samping tertentu dan spesifik setelah dikonsumsi. Para pemimpin Muslim merasa bahwa kopi adalah stimulan yang sangat kuat yang dapat menimbulkan efek nyata. Namun pelarangan tersebut tidak berlangsung lama.

2. Kopi Termahal

Hingga kini, Kopi Luwak masih menjadi kopi termahal dan terenak di dunia. Kopi yang berasal dari ekskresi hewan luwak ini diakui memiliki rasa yang lebih enak dibanding kopi biasa. Dengan dibanderol harga sebesar $ 600 per pon, kopi Luwak telah menjadi kopi termahal di dunia.

3. Komoditas Nomor 2 Paling Diperdagangkan

Selain Kopi, banyak juga jenis biji-bijian dan produk-produk lain yang diperdagangkan negara-negara di dunia. Permintaan terhadap kopi sangatlah tinggi sehingga menempatkannya di urutan kedua komoditas paling diperdagangkan di bumi setelah minyak.

4. Kopi Awalnya Adalah Untuk Dimakan

Sebelum diolah menjadi minuman seperti sekarang, kopi yang telah ditemukan berabad-abad yang lalu ini dikonsumsi dengan cara dimakan, khususnya di negara Etiopia. Mereka meyakini bahwa dengan memakan biji kopi secara teratur bisa memberikan energi dan vitalitas yang besar. Sedangkan suku-suku di Afrika mencampur biji kopi dengan lemak dan memakannya satu atau dua kali sehari untuk memberikan dorongan energi.

5. Berpotensi Bahaya

Kafein yang terdapat dalam kopi ternyata memiliki dampak yang membahayakan bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap kafein. Beberapa di antaranya akan merasa gelisah, cemas atau tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi karena Kopi. Para penderita insomnia juga disarankan untuk menjauhi minuman ini.

(okta)
Komentar