4 Bahaya Tidak Sarapan Pagi

Senin, 21 Juli 2014 09:45
4 Bahaya Tidak Sarapan Pagiilustrasi @blog.timesunion.com
Di tengah kesibukan kerja, kita sering kali harus melewatkan sarapan untuk mengejar waktu. Padahal sarapan merupakan sesi makan yang penting karena sebagai asupan energi penunjang aktivitas Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan kebiasaan melewatkan sarapan akan berdampak bagi kesehatan tubuh Anda. American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa tidaksarapan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 20 persen.

Selain itu, indiatimes.com telah melansir bahaya kesehatan akibat melewwatkan sarapan, yaitu:

1. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda telah ditakdirkan untuk mencerna makanan dengan jadwal makan besar 3 kali sehari. Kebiasaan melewatkan sarapan akan membuat sistem pencernaan Anda tidak stabil.

2. Sumber bahan bakar

Makanan yang dikonsumsi pada saat sarapan merupakan bahan bakar utama Anda untuk melakukan aktivitas harian Anda. Bila Anda melewatkan sarapan, maka tubuh Anda akan mengambil sumber bahan bakar dari lemak tubuh Anda. Namun dalam jangka panjang, efek dari proses ini mampu membahayakan tubuh.

3. Daya tahan tubuh menurun

Bekerja dengan perut kosong akan berpengaruh pada metabolisme tubuh Anda. Jangan lupa untuk sarapan agar Anda tetap bersemangat bekerja.

4. Gangguan mental

Secara tidak langsung dan tanpa Anda sadari kelaparan di pagi hari mampu mengganggu kesehatan mental Anda. Saat Anda lapar dan dihadapkand engan pekerjaan yang menumpuk akan membuat Anda jadi lebih mudah marah dan emosi.

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sering melewatkan sesi sarapan? Setelah mengetahui bahaya di atas, apakah Anda masih tidak mau sarapan?
(okta)
Komentar