12 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 21 Juli 2014 09:00
12 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuhilustrasi @webdicine.com
Air putih merupakan minuman yang telah lama dan terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tubuh kita memerlukan cairan yang cukup banyak setiap hari untuk menunjang berbagai aktivitas.

Begitu pentingnya mengonsumsi air putih hingga kita tidak bisa bertahan hidup bila dalam waktu kurang dari seminggu jika sama sekali tidak mengonsumsinya.

Berikut ini beautyandtips.com telah merilis 12 manfaat air putih lainnya bagi tubuh, yaitu:

1. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah. Tubuh kita memerlukan cairan dari air minum setiap hari, karena 80% komponen darah adalah air.

2. Air sebagai perantara utama pembawa mineral, vitamin dan nutrisi ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah.

3. Menjaga berat badan Anda. Karena air berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda yang berpengaruh pada nafsu makan.

4. Baik untuk kulit. Air yang anda konsumsi setiap hari mampu membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine.

5. Pencegah dehidrasi. Tubuh manusia terdiri dari 80% air, kehilangan 1% saja akan membuat Anda kehausan.

6. Melancarkan pembuangan. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar, mengkonsumsi banyak air merupakan solusi yang mujarab.

7. Baik untuk otak. Saat kekurangan cairan, Anda akan terkena dehidrasi yang menyebabkan Anda sulit berpikir dan lemas. Selain sebagai pencegah dehidrasi, air juga menjadi sumber energi utama otak dan tubuh kita.

8. Membuang racun tubuh. Air berperan penting untuk proses pembuangan racun yang terbawa dalam makanan.

9. Penyeimbang suhu tubuh. Jika suhu tubuh Anda tinggi, air mampu membantu menurunkan suhu tubuh Anda dan membantu menyeimbangkan suhu.

10. Menghilangkan lapar. Tahukah Anda bahwa orang akan mampu bertahan hidup hingga sebulan tanpa makanan, namun akan meninggal tanpa air dalam seminggu.

11. Obat sakit kepala. Salah satu tanda terkena dehidrasi adalah pusing dan berkunang-kunang. Pernahkah Anda merasa pusing saat tiba-tiba berdiri dari duduk atau jongkok? Dengan minum air putih Anda akan terhindar dari sakit kepala akibat dehidrasi.

12. Tidak bikin gemuk. Air tidak mengandung kalori, oleh sebab itu, sebanyak apapun Anda mengkonsumsinya, Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat di atas tanpa perlu khawatir berat badan Anda bertambah.
(okta)
Komentar