Intelijen Rusia Tembak Pesawat Malaysia Airlines MH17?

Jum'at, 18 Juli 2014 10:45
Intelijen Rusia Tembak Pesawat Malaysia Airlines MH17?Tentara menyisir lokasi jatuhnya pesawat Malaysian Airlines di desa Grabovo, Ukraina @abc.com

Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia Michael McFaul menyebut Strelkov, pejabat Intelijen Rusia sebagai dalang penembakan Malaysia Airlines MH17 rute Amsterdam-Kuala Lumpur, Kamis (17/7/2014).

"Pejabat Intelijen Rusia Strelkov mengakui bahwa ia memerintahkan tembakan missil ke pesawat Malaysia," kicau McFaul melalui akun Twitter-nya yang terverifikasi, @McFaul.

Hanya dalam waktu satu jam, kicauan tersebut di-retweet sebanyak lebih 2000 kali.

Koresponden ABC di ibukota Rusia, Moskwa, Kirit Radia melaporkan lewat akun Twitternya, mengatakan Kementerian Luar Negeri Ukraina segera menyajikan bukti keterlibatan Rusia dalam jatuhnya Malaysia Airlines MH17.

"Pemerintah Ukraina akan membeberkan bukti-bukti keterlibatan militer Ukraina terkait jatuhnya Boeing," ujar Radia yang mengutip pernyataan Kemenlu Ukraina.

Sementara Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan ada dugaan pesawat MH17 tersebut ditembak jatuh. Sebab pesawat itu hilang kontak saat melintas di wilayah Ukraina timur yang dikuasai pemberontak.

Namun hal tersebut dibantah oleh pemberontak pro Rusia, mereka mengatakan tidak memiliki senjata yang dapat menjangkau ketinggian lebih dari 10.000 meter.

Demikian dengan pemerintah Rusia juga membantah militernya menembak pesawat yang mengangkut 280 penumpang dan 15 awak pesawat itu.

"Kami tidak melakukannya," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin kepada wartawan di New York.

Pesawat Malaysia Airlines Boeing 777 dengan kode penerbangan MH17 hilang saat melintas di wilayah Ukraina timur. Pesawat ini sedang dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

(nay)
Komentar