Kabar Gembira! Permen Antihiperkolesterol dari Ekstrak Kulit Pisang

Jum'at, 18 Juli 2014 17:15
Kabar Gembira! Permen Antihiperkolesterol dari Ekstrak Kulit Pisangilustrasi @chacha.com
Kabar gembira untuk kita semua, tak hanya kulit manggis, kini kulit pisang juga ada ekstraknya yang bisa diolah menjadi permen antihiperkolesterol.

Penemuan ini dilakukan oleh tiga mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Lukman Azis, Nisa Alfilasarida dan Clara Arha.

Dibawah bimbingan dosen Nur Ida Panca dalam program Kreativitas Mahasiswa dan Penelitian (PKM-P). ketiga mahasiswa ini memanfaatkan limbah kulit pisang sekaligus sebagai solusi bagi penderita kolesterol dengan cara yang mudah, murah, praktis, dan efisien.

Seperti yang dilansir Antara. Lukman Azis selaku ketua penelitian mengungkapkan, "Kulit pisang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik, ternyata mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Limbah kulit pisang ini kami buat seperti permen atau 'soft candy' yang kami beri nama 'Marshmallow',"

Penelitian ini timbul dari banyaknya industri makanan olahan pisang di Indonesia, tentu limbah dalam bentuk kulit pisang ini juga perlu penanganan khusus.

Dengan mencampurkan pektin dalam Marshmallows yang terbuat dari limbah kulit pisang ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Pektin dari kulit pisang inilah yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara pembuatannya-pun terbilang sangat mudah, limbang kulit pisang yang telah disortir cukup diiris kecil-kecil dan kemudian dikukus selama 10 menit.

Setelah mengalami proses pengukusan, kulit pisang tersebut dikeringkan dan ditepungi. Tepung inilah yang kemudian diekstraksi dengan metode padat-cair pada suhu 90 Celcius menggunakan pelarut asam dan hasil ekstraksinya merupakan bahan dasar pembuatan Marshmallow. Tahap terakhir adalah pemurnian dan pengendapan dengan alkohol 70 persen dan 96 persen, penyaringan pektin sudah siap.

Data WHO yang menyebutkan jantung koroner sebagai pembunuh terbesar di dunia. Tingkat kematian akibat jantung coroner di Indonesia juga semakin meningkat. Dengan makanan dari hasil limbah kulit pisang ini bila dikonsumsi selama dua minggu mampu menurunkan kadar kolesterol sampai 52 persen.

Dari hasil tersebut diharapkan makanan ini mampu membantu menekan angka kematian akibat kolesterol, dilain pihak juga bisa mengurangi impor pektin yang dilakukan Indonesia selama ini hingga berton-ton setiap tahunnya dengan menghasilkan pektin dari limbah pisang.

Saat ini, pembuatan Marshmallows antihiperkolesterol dari limbah kulit pisang sedang dalam pengembangan dan dalam proses untuk mendapatkan hak paten
(okta)
Komentar