Polisi Inggris Buru Pencuri 'Holy Grail' Cawan Suci Yesus

Kamis, 17 Juli 2014 16:15
Polisi Inggris Buru Pencuri 'Holy Grail' Cawan Suci Yesusilustrasi: Holy Grail milik Yesus @dailymail.co.uk

Satuan polisi Inggris menggelar operasi besar-besaran terkait kasus pencurian cangkir kayu milik seorang wanita tua yang diduga sebagai Holy Grail, atau Cawan Suci milik Yesus.

Polisi tersebut melakukan penyisiran di desa Weston Under Penyard, di Wilayah Herefordshire, setelah pemilik rumah itu melaporkan cawan dengan nama Nanteos Cup itu hilang, dilansir dari Daily Mail, Rabu (16/7/2014).

Artefak itu merupakan pinjaman dari keluarga wanita tersebut.

"Polisi Mercia Barat sedang menyelidiki kasus pencurian di sebuah rumah di Under Penyard," kata seorang juru bicara Polisi Mercia Barat. "Rumah itu dirusak antara pukul 9.30 pagi pada Senin, 7 Juli, lalu dan pada Senin, 14 Juli, pada pukul 9.30 pagi."

"Sebuah mangkuk kayu atau cawan, yang dikenal sebagai Nanteos Cup, telah dilaporkan dicuri dari rumah itu. Ini adalah cangkir kayu berwarna gelap dan disimpan dalam kantong beludru biru."

Menurut legenda, cawan terbuat dari kayu itu dibawa ke Inggris oleh Yusuf dari Arimatea, beberapa tahun setelah penyaliban Yesus Kristus.

cawan-suci

Keberadaan Holy Grail pun menjadi perdebatan di kalangan sejarahwan.

Cawan itu muncul di program dokumenter dari Channel 5 dengan judul 'Pencarian Cawan Suci: Kisah Sebenarnya' di mana mangkuk itu juga diperiksa oleh Komisaris Monumen di Wales.

Disebutkan cawan itu terbuat dari kayu Wych Elm, mangkuk yang khas digunakan di abad pertengahan dan berusia setidaknya 500 tahun, yang berarti usia cawan tersebut 1.400 lebih tua dari masa penyaliban Yesus sendiri.

Cawan itu terakhir diketahui dimiliki oleh Fiona Mirylees, 63 tahun, pada tahun 2010.

(nay)
Komentar