Tradisi Unik Finlandia, Lempar Ratusan Ponsel Bekas

Selasa, 15 Juli 2014 21:30
Tradisi Unik Finlandia, Lempar Ratusan Ponsel BekasPonsel bekas tak terpakai untuk didaur ulang @sooperboy.com

Akibat produksi ponsel pertahun yang terus meningkat, jumlah ponselbekas tak terpakai juga mengalami peningkatan.

Berawal dari kondisi tersebut, kota Savonlinna di Finlandia mengadakan acara rutin tahunan berjuluk Mobile Phone Throwing Competition. Tujuannya untuk mendaur ulang ponsel tak terpakai namun dengan cara menyenangkan. Acara unik ini telah dilakukan sejak 2000 lalu, dilansir dari Sooperboy, Kamis (10/7/2014).

Penyelenggara acara menyediakan ratusan ponsel bekas tak terpakai dari berbagai merek. Semua ponsel tersebut merupakan hasil donasi dari tahun sebelumnya dan telah diperika keamanannya.

Para peserta kemudian melemparkan ponsel yang dipilihnya sejauh mungkin. Yang melempar terjauh dia menang.

tradisi-lempar-ponsel-bekas-finlandia

Kompetisi ini terbagi menjadi tiga kategori. Pertama, pemenang ditentukan berdasarkan jarak lemparannya. Kategori kedua adalah freestyle competition. Pemenang ditentukan dari gaya mereka melempar ponsel. Sementara kategori junior diikuti oleh anak-anak dibawah usia 12 tahun.

tradisi-lempar-ponsel-bekas-finlandia

Tujuan utama dari acara ini tidak hanya untuk mencari pemenang saja. Namun lebih ke sosialisasi kepada setiap orang agar menyerahkan ponsel bekasnya ke tempat daur ulang ketimbang membuangnya langsung karena limbah baterai mengandung bahan elektronik beracun, sementara bagian ponsel lainnya bisa diolah kembali menjadi benda-benda baru.

(nay)
Komentar