Wisata Religi ke Masjid Shah Jahan, Masjid Pertama di Inggris

Sabtu, 12 Juli 2014 15:45
Wisata Religi ke Masjid Shah Jahan, Masjid Pertama di InggrisMasjid Shah Jahan, masjid pertama kali di Inggris @shahjahanmosque.org.uk

Inggris memiliki sejarah cukup panjang terkait perkembangan agama Islam. Salah satunya ditandai dengan masjid Shah Jahan, masjid yang pertama kali dibangun di Inggris pada 125 tahun silam.

Masjid yang terletak di Woking, Inggris ini memiliki arsitektur pencampuran khas Eropa dengan sedikit budaya Arab.

Diresmikan pertama kali pada tahun 1889, masjid ini juga tercatat sebagai masjid pertama di kawasan Eropa bagian utara.

masjid-pertama-inggris

Sang pendiri Masjid Shah Jahan adalah Gottlieb Wilhelm Leitner, seorang profesor kelahiran Jerman yang berdarah Yahudi.

Leitner memiliki ketertarikan terhadap bahasa Arab dan hukum Islam. Hebatnya lagi, dia menguasai 25 bahasa di dunia. Sempat mempat memimpin sebuah universitas di Lahore, Pakistan pada tahun 1864 yang kini menjadi Universitas Punjab. Namun pada tahun 1883, Leitner pindah ke Inggris dan membangun Oriental Institute, sebuah tempat pembelajaran.

Di tempat inilah Leitner membangun masjid untuk ibadah murid-muridnya yang muslim. Seiiring waktu, masjid ini memiliki peran penting dalam penyebaran Islam dan menjadi pemersatu umat muslim di inggris.

Jika diperhatikan, masjid Shah Jahan mirip dengan masjid di Pakistan. Dinding masjidnya bercat putih dengan empat kubah kecil dan satu kubah besar yang semuanya berwarna hijau. Di dinding masjid pada bagian dalamnya terhiaskan kaligrafi yang cantik.

Masjid ini mampu menampung hingga 1000 jamaah yang awalnya hanya mampu menampung 60 jamaah saja. Masjid Shah Jahan akan semakin ramai saat pelaksanaan salat Jumat, salat tarawih dan salat Ied.

Di area masjid juga terdapat aula yang kadang dijadikan tempat olahraga dan juga tempat makan.

Selain itu, masjid ini juga melayani proses pemakaman umat Muslim. Jenazah akan dimandikan di dalam komplek masjid dan lalu dikuburkan sesuai aturan agama Islam.

masjid-pertama-inggris

Taman yang berada mengelilingi masjid biasanya digunakan banyak turis untuk bersantai dengan duduk di bangku yang disediakan.

Hingga kini, Masjid Shah Jahan masih menjadi tempat pembelajaran agama Islam di Inggris. Dan saat bulan Ramadan, masjid ini semakin ramai dikunjungi jamaah serta turis yang hendak mengenal kehidupan Islam di Inggris lebih dekat.

Demikian seperti dilansir dari Detik, Jumat (11/7/2014).

(nay)
Komentar