Kabar Gembira! 10 Khasiat Kulit Manggis

Jum'at, 11 Juli 2014 19:15
Kabar Gembira! 10 Khasiat Kulit ManggisBuah Manggis @obatherbalpenyakit.biz

Manggis adalah buah yang ajaib, sebab di dunia ini buah manggis adalah satu-satunya buah yang tidak bisa membusuk. Selain itu, buah manggis sejak jaman dulu dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan selain lezat untuk dikonsumsi.

Manggis termasuk buah kawasan tropis. Buah ini banyak dijumpai di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan beberapa daerah di Afrika.

Keampuhan buah manggis bahkan telah diakui oleh Ratu Victoria dari abad ke-18 saat VOC menguasai tanah Jawa.

Tidak hanya buahnya, kulit manggis juga berkhasiat karena mengandung antioksidan, antiinflamasi, antihistamin, antibakteri, antialergi, dan antitumor.

Dilansir dari Life.Viva, berikut adalah 10 manfaat nyata dari kulit buah manggis.

Radikal bebas

Kandungaan antioksidan aktif dalam xanthone lebih tinggi 66,7 kali dari wortel dan 8,3 kali dari kulit jeruk. Karenanya, ia bisa menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu zat antioksidan juga diyakini memperlambat penuaan.

Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular dan degeneratif lainnya juga bisa dicegah dengan kulit manggis. Untuk mengkonsumsi kulit manggis, biasanya dinikmati dengan dijus. Selain itu kulit manggis juga berkhasiat mencegah kerusakan fisik dan mental.

Berat badan

Tidak hanya menjaga fungsi organ bagian dalam, kulit manggis pun bisa membantu menurunkan berat badan. Antioksidan dalam xanthone berperan menyeimbangkan hormon penyebab penumpukan lemak dalam tubuh.

Stres

Kesehatan mental bisa dihindari dengan kulit manggis. Xanthone juga bisa menyeimbangkan kadar hormon kortisol yang berkaitan dengan stres. Kandungan Xanthone yang masuk dalam aliran darah mampu meredakan depresi.

Alzheimer

Kandungan Flavonoid pada kulit manggis mampu mencegah penurunan fungsi otak. Flavonoid berfungsi menghentikan kerusakan memori ringan. Selain itu juga ampuh untuk gangguan saraf pemicu parkinson.

Pencernaan

Antioksidan pada kulit manggis bisa menurunkan kandungan asam pada lambung. Zat antimikrobanya juga memerangi bakteri serta jamur dalam perut.

Selain mengatasi maag, gangguan fungsi pencernaan seperti diare juga bisa dicegah. Begitujuga dengan radang usus, karena pada kandungan kulit manggis bisa menghambat infeksi.

Batu ginjal

Mengonsumsi kulit manggis secara rutin akan memudahkan buang air kecil. Kotoran di dalam tubuh otomatis akan ikut terbuang oleh urin dan reasapan keringat.

Tekanan darah

Kandungan mineral yang tinggi pada kulit manggis, seperti tembaga, kalium, dan magnesium sangat baik untuk penderita hipertensi. Kaliumnya bisa memberi perlindungan terhadap stroke, karena mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.

Kanker

Kandungan antioksidannya tidak hanya melindungi dari penyakit jantung dan stroke. Namun juga ampuh mencegah kanker. Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif.

Anemia

Mengkonsumsi kulit manggis secara teratur mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Aliran darah menjadi lancar, dan pembuluh darah bersih. Kondisi tersebut menghalangi penyakit aterosklerosis, kolesterol tinggi, jantung, dan nyeri dada.

(nay)
Komentar