Kondom Berbentuk Chip ini Mampu Kendalikan Kehamilan Selama 16 Tahun

Kamis, 10 Juli 2014 19:45
Kondom Berbentuk Chip ini Mampu Kendalikan Kehamilan Selama 16 TahunChip Kontrasepsi @cnet.com

Penambahan jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya membuat para peneliti berupaya untuk menciptakan alat kontrasepsi yang mampu mengontrol jumlah kelahiran.

Sebuah perusahaan bernama MicroCHIPS of Lexington Massachusetts menciptakan sebuah chip berukuran 20 x 20 x 7 millimeter, chip ini nantinya akan ditanamkan di bawah kulit bokong, lengan atas atau perut.

Chip ini dipercaya sebagai sebuah alat kontrasepsi masa depan dan diklaim sebagai alat kontrasepsi yang lebih baik dari sebelumnya. Chip yang bisa dikendalikan dengan remot ini bisa mengontrol kehamilan secara hormonal hingga 16 tahun.

Chip yang tertanam dalam tubuh ini akan menembakkan dosis harian 30 mg levonorgestrel yang biasa digunakan pada kontrasepsi hormonal atau kontrasepsi darurat.

cara Kerja Chip Kontrasepsi

Dengan penggunaan chip ini, diharapkan mampu mengurangi dampak penggunaan jangka panjang pil KB dan mampu menghindari overdosis karena kesalahan penggunaan obat bagi pengonsumsi obat depresi.

Sejauh ini, chip telah diuji dalam percobaan klinis pada manusia, memberikan obat osteoporosis pada wanita pasca-menopause selama satu bulan, menunjukkan bahwa teknologi bekerja, menghasilkan tidak ada reaksi kekebalan yang merugikan, dan menunjukkan daya tahan chip. Perangkat ini ditanamkan dengan menggunakan bius lokal, dan prosedur mengambil tidak lebih dari 30 menit.

(okta)
Komentar