Ketahui Menu Sahur Sehat dan Yang Harus Dihindari

Sabtu, 05 Juli 2014 21:00
Ketahui Menu Sahur Sehat dan Yang Harus DihindariIlustrasi @acehimage.com
Sahur merupakan waktu untuk mengisi energi dan memberikan asupan gizi dan nutrisi, jadi jangan cuma memilih makan banyak saat sahur agar kenyang lebih lama. Kalian harus memilih makanan yang tepat.

Dianjurkan memilih menu sahur yang memiliki serat dan karbohidrat yang kompleks untuk membuat Anda lebih lama kenyang. Karbohidrat kompleks di antaranya adalah nasi, pasta, dan oatmeal. Serta bisa lebih lama berdiam di lambung, sehingga membuat tubuh tidak terasa lemas.

Selain itu, jangan memilih makanan yang digoreng hinggami instan, lebih baik memilih makan-makanan yang berkuah karena tubuh mendapat kaldu dari makanan tersebut dan menambah stamina, yang bagus adalah kaldu ayam.

Makanan yang digoreng akan kehilangan gizi dan nutrisi bersamaan dengan minyak. Sedangkan, saat puasa kita butuh gizi dan nutrisi lebih dari 13 jam tanpa makan dan minum.

Bagi kalian yang ingin hemat menu sahur, jangan memilih mi instan atau produk makanan instan lainnya. Makanan yang diawetkan sebagian besar memiliki kandungan nutrisi yang rendah.

Jangan memilih kuah sayur yang mengandung santan karena membuat beban metabolisme lebih berat di pagi hari. Hal ini membuat tubuh akan merasa lapar dan lemas saat siang hari.

Makanan pedas juga sebaiknya dihindari saat sahur karena bisa menimbulkan kembung dan merangsang asam lambung.

Saat puasa dengan aktivitas padat akan membuat sel-sel tubuh berkurang. Jadi jangan pilih menu sahur yang sekedar kenyang, perhatikan gizi, nutrisi, dan penyajiannya.
(ec)
Komentar