Keindahan Masjid Yesil Ivy di Turki yang Ditutupi Tumbuhan

Minggu, 06 Juli 2014 11:00
Keindahan Masjid Yesil Ivy di Turki yang Ditutupi TumbuhanMajid Hijau atau Yesil Ivy di Turki @Worldbulletin.com

Turki memiliki banyak masjid cantik salah satunya adalah MasjidHijau atau Yesil Ivy. Masjid ini terletak di Adana, Turki Selatan, di sepanjang Sungai Seyhan sekitar 20 mil dari Laut Mediterania.

Masjid Hijau memiliki daya tarik berupa konstruksi hijau akibat diselimuti ivy, semacam kebun raya yang memiliki bunga berwarna-warni.

Akibat tidak memiliki menara tinggi dan seluruh bangunan ditutupi tumbuhan rambat, masjid ini lebih cocok disebut taman bunga.

masjid-hijau-turki

"Semua tidak ada niat untuk membuat masjid ini berselimut tanaman, ini terjadi secara kebetulan. Selama 40 tahun, kami mencoba untuk mempertahankan bentuknya. Karena akan membahayakan konstruksi, kami menerapkan ivy jenis baru dari gunung Toros. Sejak saat itu, masjid ini dikenal sebagai Yesil dan menarik perhatian banyak orang. Sebab, tetesan dari daunnya akan terjadi saat musim dingin dan menjadi hijau di musim semi," kata Presiden Asosiasi, Kadir Atau seperti dilansir Worldbulletin, Jumat (4/7/2014).

Masjid ini dibawah tanggung jawab Protection and Sustenance Association Masjid Yesil sejak tahun 1965. Dan sejak saat itu tidak pernah mengalami renovasi yang fatal.

Masjid Hijau ini dibangun oleh Salih Efendi dari Bosnia dengan dukungan Mustafa Kemal Attaturk pada 1930 di bawah tanggung jawab kantor Mufti Yuregir.

(nay)
Komentar