Prediksi Perempat Final Piala Dunia 2014 Brasil v Kolombia

Jum'at, 04 Juli 2014 22:00
Prediksi Perempat Final Piala Dunia 2014 Brasil v KolombiaBrasil vs Kolombia @andhikamppp.com
Prediksi pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Kolombia yang berlangsung di Estadio Castelao, Sabtu, 05 Juli 2014 pukul 03.00 WIB.

Jika disebut masalah apa yang dialami skuad Brasil di Piala Dunia 2014 saat ini, bisa jadi salah satunya adalah sindrom kepanikan. Maklum, harapan besar menjadi juara di kandang sendiri, membuat skuadSelecaodihadapkan pada tekanan besar setiap melakoni laga di turnamen tersebut.

Contoh munculnya sindrom kepanikan itu bisa dilihat saat menghadapi Chili di babak 16 besar. Meski berhasil menyingkirkan Chili lewat babak adu penalti, terlihat jelas kepanikan para pemain Brasil terlihat saat permainan mereka macet ketika menghadapipressingketat dari Alexis Sanchez dan kawan-kawan.

Bahkan, bisa dibilang Brasil bisa meraih kemenangan karena dinaungi dewi fortuna. Selain tendangan Mauricio Pinnila dari luar kotak penalti yang membentur mistar gawang pada akhir babak tambahan, kemenangan Brasil pun harus ditentukan saat penendang kelima Chili, Gonzalo Jara, gagal menjalankan tugasnya dengan baik karena bola tendangannya juga membentur tiang gawang.

Babak adu penalti itu sempat membuat beberapa pemain Brasil menangis. Salah satunya adalah kapten Thiago Silva, yang sempat menitikkan air matanya saat Willian gagal mengeksekusi penalti. Hal itulah yang akhirnya membuat Scolari mengundang tim psikolog untuk mendampingi tim pada sesi latihan awal pekan ini.

"Mereka takut Brasil tidak lolos. Mereka menangis saat menyanyikan lagu kebangsaan, perpanjangan waktu, serta menangis saat sebelum dan sesudah babak penalti," ungkap sang psikolog, Regina Brandao.

Sementara itu, situasi berbeda menghinggapi Kolombia yang bakal menjadi lawan Brasil di Perempat Final. Kolombia bahkan saat ini tengah mendapat kepercayaan diri besar karena penampilannya sepanjang turnamen cukup menjanjikan. Mereka adalah salah satu tim yang mampu mencatatkan rekor kemenangan 100 persen sejak penyisihan grup.

Aksi meyakinkan skuad asuhan Jose Pekerman itu dimulai dengan kemenangan 3-0 atas Yunani, 2-1 atas Pantai Gading, dan 4-1 atas Jepang di babak grup dan 2-0 atas Uruguay di babak 16 besar. Penampilan gemilang James Rodriguez pun semakin menambah suntikan semangat bagi skuad Kolombia.

Rodriguez saat ini sudah mengemas total 5 gol dan sekaligus membuatnya sementara berstatus sebagaitop scorer, unggul 1 gol atas bintang Brasil, Neymar. Karena itulah, Rodriguez dinilai bakal menjadi ancaman berbahaya bagi pertahanan Brasil.

"Dia (Rodriguez) telah menunjukkan bahwa seberapa hebat dirinya dan kami harus memberinya selamat atas apa yang sudah dilakukannya. Tetapi, dengan segala hormat, aku berharap siklus hebatnya itu sekarang berakhir di Piala Dunia dan Brasil akan melaju ke babak selanjutnya," ujar Neymar.

Melihat catatan sejarah pertemuan kedua tim, Brasil lebih unggul dari Kolombia. Dari total 25 pertemuan, Brasil sukses memenangi 15 laga. Sedangkan, Kolombia baru menang 2 kali dan 8 laga sisanya berakhir imbang. Terakhir kali Kolombia menang atas Brasil pada Copa Amerika 1991.

Di atas kertas, Brasil memang lebih diunggulkan. Akan tetapi, jika tidak waspada kecepatan para pemain Kolombia bakal kembali membuat para pemain Brasil kewalahan. Jika taktik skuadSambakembali macet di lapangan, tentunya salah satu jalan keluar yang harus diambil adalah tetap tenang agar dapat melawan sindrom kepanikan.

5 pertandingan terakhir

Brasil
28 Jun 2014 BrasilP1-1 Chili (PD)
24 Jun 2014 Kamerun 1-4 Brasil (PD)
18 Jun 2014 Brasil 0-0 Meksiko (PD)
13 Jun 2014 Brasil 3-1 Kroasia (PD)
07 Jun 2014 Brasil 1-0 Serbia (FM)

Kolombia
29 Jun 2014 Kolombia 2-0 Uruguay (PD)
25 Jun 2014 Jepang 1-4 Kolombia (PD)
19 Jun 2014 Kolombia 2-1 Pantai Gading (PD)
14 Jun 2014 Kolombia 3-0 Yunani (PD)
07 Jun 2014 Kolombia 3-0 Yordania (FM)

Prediksi : Brasil 1-2 Kolombia
(ec)
Komentar