VAIO Pro dan Fit, Laptop Pertama VAIO Tanpa Sony

Kamis, 03 Juli 2014 19:15
VAIO Pro dan Fit, Laptop Pertama VAIO Tanpa SonyVAIO Pro dan VAIO Fit @lowyat.net
Pada bulan Februari lalu , secara mengejutkan pihak Sony telah menjual divisi laptop Video Audio Integrated Operation (VAIO) miliknya, mereka menjualnya kepada perusahaan asal Jepang yakni Japan Industrial Partner (JIP).

Penjualan tersebut dimaksudkan untuk menghemat biaya operasional Sony sebesar 100 miliar Yen tahun ini, sekaligus memfokuskan perusahaan ke unit bisnis perangkat mobile, di samping televisi dan konsol game.

Kini VAIOuntuk pertama kalinya hadir dengan 2 seri laptop tanpa embel-embel Sony. Laptopitu menggunakan kode nama VAIO Pro dan VAIO Fit. Meski demikian, kedua laptop tersebut tetap identik dengan produk serupa yang dilepas kala Vaio masih berada di bawah Sony.

VAIO Pro memiliki 2 model, yakni dengan layar berukuran 11,6 inch dan 13,3 inch yang, keduanya menawarkan sebuah resolusi display HD 1080p, kedua laptop tersebut memiliki body yang terbuat dari serat karbon dan sangat ramping. Spesifikasinya mencakup prosesor Intel Core i7, Windows 8.1, RAM hingga 4GB, dan daya tahan baterai mencapai 11,5 jam.

Sedangkan untuk VAIO fit memiliki satu model saja, yakni VAIO Fit 15E, ini adalah sebuah laptop hybrid yang hadir dengan dibekali prosesor Intel Core i7 4500U, DDR3 SDRAM hingga 8GB dan memiliki Intel HD Graphics 4400.

Baik Vaio Pro maupun Vaio Fit sama-sama menggunakan layar Full HD Triluminous yang merupakan teknologi dari Sony.

Perusahaan JIP melepas VAIO Pro dan VAIO Fit dengan harga yang bervariasi, Untuk VAIO Fit 15E dibanderol mulai $986 atau bila dirupiahkan mencapai Rp 11, 5 Jutaan, sedangkan VAIO Pro 11 dibanderol mulai US$ 1.180 atau sekitar Rp 14 jutaan, dan VAIO Pro 13 dibanderol mulai $1.280 atau sekitar Rp 15 jutaan.

Namun perusahaan JIP ini menyadari, mereka bukan sebuah perusahaan yang memiliki nama besar layaknya Sony, jadi mereka berencana menjual VAIO Pro dan VAIO Fit ini untuk pasar lokal Jepang saja, belum untuk kepasar global.
(okta)
Komentar