Cetak Gol Bunuh Diri, Pemain Kolombia Tewas Dibunuh

Kamis, 03 Juli 2014 16:30
Cetak Gol Bunuh Diri, Pemain Kolombia Tewas DibunuhMendiang Andres Escobar @theguardian.com

Sejarah kelam ditorehkan di Piala Dunia 1994, yakni terbunuhnya pemain andalan Kolombia, Andres Escobar. Diduga, pembunuhan tersebut berkaitan dengan gol bunuh diri yang dia buat sebelumnya.

Pada awal 1990-an, Kolombia menjadi salah satu negara dengan penampilan yang paling dijagokan menjuarai, dilansir dari Viva, Rabu (2/7/2014).

Los Cofeteros memasuki Piala Dunia 1994 dengan rekor satu kekalahan dalam 26 laga. Tapi, secara mengejutkan kalah 1-3 dari Rumania pada pertandingan pertama.

Namun, ketika pertandingan penentuan melawan Amerika, Escobar membuat kesalahan dengan menyarangkan bola ke gawangnya sendiri.

Akibat kejadian tersebut, Escobar sangat terpukul dan menjadi bulan-bulanan media sebagai penyebab kandasnya Kolombia keluar sebagai juara.

Petaka pun datang menghampiri Escobar kala dirinya diejek di sebuah bar di Kolombia. Akibat tidak terima, Escobar lalu terlibat perkelahian yang berujung kematian dirinya.

pemakaman-escobar

Sang pembunuh yang bernama Castro Muoz akhirnya mengakui kalau ia yang membunuh Escobar, dan dijatuhi hukuman selama 43 tahun penjara. Namun, bebas setelah 11 tahun berkat kelakuan baik.

"Andres Escobar akan tetap berada di hati kami sebagai pejuang moral, sebagai pria yang mencintai keluarga, dan orang Kolombia yang patut dicontoh. Kolombia tak boleh membiarkan putra terbaiknya diperlakukan seperti ini," ujar sang Presiden kala itu.

Kini setelah 20 tahun berselang, Kolombia mencoba mengukir prestasi dengan lolos ke babak perempat final.

Laga kontra Brasil di Fortaleza hari Jumat nanti, 4 Juli 2014, akan dijadikan peringatan terbunuhnya salah satu bintang sepak bola dengan bakat luar biasa, Andres Escobar.

(nay)
Komentar