Heboh, Palu Mjolnir Dewa Thor Ditemukan di Denmark

Kamis, 03 Juli 2014 14:15
Heboh, Palu Mjolnir Dewa Thor Ditemukan di DenmarkPalu yang diyakini miliki Dewa Thor, Palu Mjolnir @pasthorizonspr.com

Sebuah palu yang diyakini memiliki kesamaan dengan pusaka milik Dewa Thor ditemukan di Lolland Kepulauan Denmark.

Palu tersebut memiliki ukuran kecil seperti sebuah liontin. Diperkirakan palu tersebut berasal dari abad ke-10 dan dijadikan jimat pada masanya.

Menurut laporan, Past Horizons, Selasa (1/7/2014), lebih dari 1.000 palu jimat seperti palu ini ditemukan di sepanjang Eropa Utara. Namun, palu yang ditemukan di Lolland baru-baru ini satu-satunya yang memiliki ukiran tersembunyi.

Menurut tim arkeologi, boleh jadi itu memang terinspirasi dari palu Mjolnir, milik Thor yang digunakan sebagai jimat oleh kaum wanita.

"Yang menjadikannya berharga adalah jimat ini dianggap memiliki kekuatan perlindungan terhadap orang yang memakainya. Seringkali liontin palu ini digunakan berdampingan dengan salib milik umat Kristen. Diharapkan palu dan salib bisa memberikan perlindungan ganda bagi pemakainya," ujar arkeolog dari Museum Nasional Denmark, Peter Chentz.

Liontin tersebut terbuat dari perunggu, memiliki pelat perak yang tipis, ada juga pelat emas di sekitarnya. Di sepanjang liontin tersebut juga ditorehkan semacam aksara kuno.

Aksara kuno di palu berukuran 3-7 milimeter tersebut bertuliskan Hmar x is (This is Hammer).

Berdasarkan data museum arkeologi Lolland mengatakan ada sekitar 1.000 jimat kuno yang berbentuk palu Dewa Thor. Jimat tersebut banyak tersebar di wilayah Skandinavia, Inggris, Rusia, dan Baltik.

(nay)
Komentar