Puasa Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan

Kamis, 03 Juli 2014 10:30
Puasa Ramadan Bisa Turunkan Berat BadanIlustrasi @redorbit.com
Pada bulan Ramadan ini, sebagian besar umat Islam tentu akan menjalankan ibadah puasa. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badannya secara sehat. Namun, apakah penurunan berat badan secara sehat bisa kita dapat di bulan Ramadan ini?

"Puasa jelas membuat berat badan kita lebih turun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Karena pada saat puasa frekuensi makan seseorang akan lebih sedikit dari biasanya. Biasanya seseorang akan makan tiga kali sehari dengan tambahan snack sela-sela waktu seperti jam 10 pagi, jam 4 sore, dan malam sebelum tidur," ungkap Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, kepada detikHealth (2/7/2014).

Menurut dokter spesialis gizi klinik Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM ini, setelah puasa frekuensi makan seseorang akan lebih sedikit, yaitu dua kali sehari dengan snack pada saat buka dan setelah Tarawih atau sebelum tidur. Karena asupannya yang lebih sedikit, jadi puasa akan bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Rita Ramayulis, DCN, MKes, dosen jurusan Gizi Poltekkes II Jakarta juga sependapat. Ia membenarkan bahwa berkurangnya jam pada jadwal makan akan memberikan potensi bagi seseorang untuk menurunkan berat badan saat bulan Ramadan.

"Jadi berkurang 1 kali makan utama dan 1 kali makan selingan. Dengan berkurangnya jadwal makan kita, harusnya ini membuat asupan energi kita secara total menjadi lebih rendah. Sehingga kondisi berpuasa bisa dimanfaatkan sebagai pendukung diet penurunan berat badan," kata Rita.

Menurut Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, berpuasa selama bulan Ramadan juga bisa dijadikan momen yang pas untuk mengkaji ulang gaya hidup sehat sehari-hari.

"Harusnya kan dengan momen puasa kita jadi lebih peka terhadap jadwal makan, apa saja yang mau kita makan, serta apa yang mau kita lakukan sepanjang hari," ucap ahli gizi lulusan University of Sydney, Australia, dan pengasuh Klinik Gizi Keluarga ini.
(hdk)
Komentar