The Vault, Kafe 'Kejujuran' Tanpa Pelayan dan Bayar Sendiri

Rabu, 02 Juli 2014 16:15
The Vault, Kafe 'Kejujuran' Tanpa Pelayan dan Bayar SendiriKafe The Vault @dailymail.co.uk

Sebuah kafe di Valley City, North Dakota, Amerika, mengusung konsep tidak biasa, yakni tanpa penjagaan pelayan dan hanya mengandalkan kejujuran pelanggannya.

"The Vault adalah layanan sendiri," tulis website resmi. "Semua dikenakan harga langsung oleh tangan tanpa scanner. Lihat sendiri harganya dan bayarlah sebelum meninggalkan area konter. Ada mesin kartu kredit dan laci uang tunai untuk pembayaran."

Kendati pelanggan harus melayani dan membayar sendiri tanpa penjagaan, namun sang pemilik David Brekke dan istrinya, Kimberly, merasa tidak terlalu khawatir, dilansir dari Daily Mail.

Kafe yang dibuka sejak Oktober 2013 ini hingga sekarang belum pernah melaporkan kasus pencurian ataupun kecurangan dari pelanggan yang nakal.

"Yang luar biasa adalah orang-orang sangat jujur," ucap David. "Ketika aku datang menghitung berapa banyak yang diambil saat tutup ternyata orang-orang 15 persen lebih murah hati dibanding jadi pencuri."

"Jadi kurasa tidak ada yang berniat mencuri di depan banyak orang," ucap Madeline Luke yang jadi pelanggan di The Vault.

Kendati terkesan seperti kafe amal yang lengang penjagaan, namun Kave The Vault dilengkapi mesin biji kopi profesional dengan berbagai pilihan minuman dan roti yang berganti-ganti. Selain itu juga disertakan rak buku, dua piano dan nonton bareng menambah kecintaan pelanggan untuk datang lagi.

Konsep kejujuran seperti ini pernah diterapkan di Indonesia, di mana Kantin Kejujuran di sejumlah sekolah di dalam negeri juga tanpa penjagaan dan mengandalkan kejujuran para siswa pembeli.

(nay)
Komentar